Kemampuan anak berkembang sangat pesat pada usia balita. Tak heran, jika di masa tersebut anak belajar lebih banyak dan lebih cepat, tak terkecuali belajar mengenali warna. 

Pengenalan warna adalah langkah perkembangan kognitif utama pada balita karena berperan penting dalam pengenalan objek. Kemampuan ini juga dapat membantu anak dalam mengembangkan keterampilan bahasa deskriptif mereka, sehingga si kecil mampu berkomunikasi dan memahami dengan jelas. 

Banyak orang tua mulai mengenalkan warna pada usia sejak usia 1 hingga 3 tahun. Menurut peneliti, pada usia 3 tahun, anak baru bisa dikatakan benar-benar bisa membedakan dan menguasai warna. 

Mengingat fungsi dari belajar warna pada anak sangat penting,  berikut ini tip mengenalkan warna pada si Kecil:

Fokus pada satu warna 

Saat mengenalkan warna untuk pertama kali, sebaiknya Moms fokus hanya mengenalkan satu warna saja agar si Kecil mampu mengidentifikasi warna tersebut secara lebih jelas. Setelah itu, Moms bisa mengajak si Kecil menemukan benda di rumah yang memiliki warna sama dengan warna yang sedang si Kecil pelajari.

Buat metode belajar menyenangkan 

Di zaman sekarang ini sangat mudah menemukan aktivitas belajar kreatif untuk si kecil. Misalnya, Moms bisa menggunakan pompom warna warni, bola warna warni dan beberapa permainan seru yang melatih konsentrasi sekaligus memperkenalkan warna pada si Kecil.

Perkenalkan warna solid 

Ketika si kecil mulai diperkenalkan pada warna, maka sebaiknya Moms memulai dengan warna solid terlebih dahulu, karena tiap warna memiliki perbedaan yang jelas, sehingga si Kecil tidak bingung dalam mengidentifikasikannya. Warna solid juga membuat si kecil lebih mudah mengingat sehingga memudahkan si kecil dalam proses belajar. Misalnya, jika Moms memperkenalkan warna secara berdampingan, jangan gabungkan biru dan ungu, merah dan oranye, merah dan pink, dll. Warna yang cocok dengan kontras adalah merah/hijau, biru/kuning, ungu/hijau, dan hitam/putih, dan lainnya. 

Bagaimana Moms? Dari tiga tip di atas manakah yang bisa Moms terapkan untuk mengenalkan warna pada si Kecil?