Jika Moms mendengar tentang bela diri anak, apa yang terbayang di benak Moms? Apakah hanya semata kekerasan? Ternyata tidak lho, Moms, ada banyak manfaat yang bisa didapat anak ketika mereka belajar bela diri. Apa saja? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Membantu Anak Tetap Aktif 

Bela diri merupakan salah satu bentuk olahraga. Layaknya olahraga lainnya, bela diri bisa membantu anak untuk tetap aktif dan mengasah kemampuan motorik kasarnya. Bela diri bisa menjadi cara menyenangkan bagi anak untuk membiasakan diri berolahraga. 

Melatih Konsentrasi dan Daya Fokus 

Memperhatikan adalah kunci ketika bela diri. Untuk bisa menguasai suatu gerakan, anak harus memusatkan perhatiannya pada instruktur. Makanya, anak yang rutin mengikuti latihan bela diri akan otomatis terlatih konsentrasi dan daya fokusnya. 

Melatih Disiplin dan Kontrol Diri 

Semua teknik bela diri mengajarkan pengendalian diri dan disiplin. Bela diri akan mengajarkan anak untuk menghormati orang lain dan gurunya. Dalam bela diri, anak harus mendengarkan instruksi dengan tepat dan mengontrol impuls mereka. 

Membantu Anak Mandiri 

Mengajarkan bela diri pada anak akan membantu anak memahami emosi dan mengontrolnya dalam situasi yang menekan. Kelas-kelas bela diri juga biasanya diajarkan dalam lingkungan di mana semua murid belajar bersama, sehingga hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri anak. 

Membuat Anak Jadi Berani 

Bela diri akan mengajarkan anak untuk menghadapi rasa takutnya dan membantu mereka untuk lebih percaya diri. Si kecil tidak hanya akan belajar gerakan-gerakan bela diri, tetapi mereka juga akan memperoleh keahlian manajemen stres yang lebih baik. 

Cara yang Baik untuk Menyalurkan Energi 

Beberapa anak memiliki energi yang lebih ekstra dibanding anak lain. Anak-anak seperti ini butuh saluran untuk meluapkan energi agar tidak jadi mengganggu orang lain. Bela diri bisa menjadi pilihan yang sehat dan aman untuk anak-anak ini menyalurkan emosi dan energi lebihnya. 

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat bela diri anak. Ada banyak jenis bela diri anak yang bisa Moms pilih seperti taekwondo, karate, silat, aikido, atau judo. Jenisnya sebenarnya tidak terlalu masalah, yang penting Moms harus mencari studio yang bisa mengajarkan bela diri secara menyenangkan pada anak. Semoga bermanfaat!