Apakah si Kecil pernah menolak untuk menyusu atau menolak untuk makan? Tahukah Moms apa yang menjadi penyebabnya? Sebagian besar penyebabnya adalah sariawan, Moms, sehingga si Kecil tidak nyaman untuk menyusu atau mengunyah makanan. 

Sariawan ditandai dengan keberadaan spot keputihan hingga kemerahan di area mulut. Meski tidak berbahaya, sariawan sangat mengganggu kenyamanan si Kecil saat menyusu atau pun makan. Akibatnya bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan si Kecil, Moms. 

Penyebab sariawan adalah jamur candida albicans. Jamur ini biasanya tumbuh subur di area lembap dan hangat. Jamur ini mudah tumbuh di area mulut khususnya mulut si Kecil. Daya tahan tubuh yang masih lemah diduga menjadi salah satu penyebab jamur candida albicans ini mudah berkembang di area mulut si Kecil. 

Sebagai orang tua baru, Moms mungkin  sedikit kebingungan menghadapi hal ini. Tetapi, jangan khawatir Moms, ada cara untuk mengatasi sariawan si Kecil, yaitu: 

Menjaga kesehatan mulut

Menjaga kesehatan mulut tidak selalu menjadi cara untuk mencegah sariawan tapi juga mengatasi sariawan si Kecil yang muncul tanpa diundang. Walaupun terasa tidak nyaman setiap membuka mulut, sebaiknya Moms tetap rutin membersihkan area mulut bayi, 2 kali sehari. Jika si Kecil sudah pandai menggosok gigi,  maka Moms perlu membantu si Kecil menggosok gigi secara perlahan, bersih dan menyeluruh. 

Bersabar 

Umumnya si Kecil akan menjadi lebih rewel atau bahkan menolak makan sama sekali saat sariawan. Tetapi pada tahap ini Moms bisa mengikuti keinginan si Kecil dengan memberikan makanan yang membuatnya nyaman. Jika si Kecil kesulitan mengunyah maka Moms bisa memberikan makanan bertekstur lembut dan lunak agar lebih mudah dikunyah dan tidak terlalu menyakitkan. 

Memberikan makanan tinggi vitamin 

Saat si Kecil mengalami sariawan, Moms boleh  memberikan menu makanan yang mengandung tinggi vitamin, seperti, vitamin C, vitamin B kompleks, zinc dan zat besi. 

Berkumur 

Tip ini bisa dilakukan pada anak yang sudah lebih besar. Berkumur dengan air garam yang merupakan antiseptik alami adalah salah satu upaya untuk mengurangi perkembangan mikroba merugikan di area mulut si Kecil. 

Kunjungi dokter 

Jamur yang menyebabkan sariawan umumnya akan menghilang dalam waktu 2 minggu. Tetapi jika sariawan si Kecil disertai dengan beberapa gejala tambahan seperti demam, sangat rewel hingga terdapat bercak kemerahan di area tangan dan kaki. Maka, sudah saatnya Moms untuk membawa si Kecil ke dokter karena kemungkinan sariawan si Kecil bukan sariawan biasa. Untuk membantu dalam proses penyembuhan sariawan, Moms bisa lebih memperhatikan kebersihan alat makan dan minum si Kecil.