Selama pandemi COVID-19, semua anggota keluarga diharuskan berada di rumah. Semua aktivitas si Kecil pun dilakukan di rumah. Hal ini tentunya menimbulkan rasa bosan. Mereka merindukan kegiatan bermain bersama teman-temannya, baik di dalam maupun di luar rumah. Akan tetapi, Dr. Jack Maypole, dokter anak di Boston Medical Center, AS, berpesan agar orangtua berpegang teguh pada aturan untuk tidak mengizinkan anak-anak bermain bersama teman untuk sementara waktu ini.   

Nah, untuk menghibur mereka di rumah, lakukan aktivitas yang menyenangkan di rumah. Ada banyak ide permainan seru yang bisa dilakukan orangtua bersama si Kecil. Berikut ini   beberapa di antaranya:

Menggiring bola 

Secara bergantian, Moms atau Dads menggiring bola sambil berlari ke seberang halaman. Hitung jumlah tendangan Anda, lalu tantang anak untuk mengalahkan rekor Anda. Berikan anak yang lebih kecil (biasanya kerepotan mengalahkan Anda) tantangan khusus, seperti menilai jarak yang dicapainya setelah beberapa kali tendangan. 

Harta karun 

Sembunyikan sesuatu yang disukai anak (buku cerita, mainan kecil, alat tulis lucu, dll). Berikan petunjuk tertulis untuk mencapai tempat itu. Caranya, tulis di kertas “lemari”. Di lemari ia menemukan petunjuk tertulis kedua: “tangga”. Di tangga ia menemukan petunjuk berikutnya, sampai akhirnya ia menemukan benda yang disembunyikan. 

Prakarya dari benda yang ditemukan di alam 

Aktivitas untuk anak yang satu ini seru banget. Dads bisa mengajak anak jalan-jalan sebentar ke sekitar rumah, ke lapangan, atau area hijau terdekat. Saat pergi ke sana, siapkan kantong dan juga ember kecil untuk dia pegang. Lalu, Dads bisa minta si Kecil mengumpulkan benda apa saja yang ia sukai dan memasukkannya ke dalam wadah. Ia bisa mengambil daun, ranting pohon, atau batu-batu kecil. Setiba di rumah, siapkan karton dan lem. Ajak ia menempelkan benda-benda yang ia temukan. Dari benda-benda dari alam tersebut, si Kecil bisa menciptakan sebuah karya seni  yang begitu indah. Jangan lupa pajang karyanya, ya . 

Perjalanan waktu 

Siapa yang suka bernostalgia, melihat foto-foto masa lalu dan mengingat kejadian di masa itu? Sama seperti kita, si Kecil juga senang lho saat diajak bernostalgia. Coba deh ajak ia mengingat kembali masa lalunya. Tunjukkan foto-foto saat ia masih bayi. Atau putarkan video saat ia pertama kali belajar berjalan atau saat merayakan hari ulang tahun pertamanya. Si Kecil pasti akan menikmati melihat dirinya sendiri saat masih bayi. 

Berkemah 

Saat hari mulai gelap, gunakan ruang keluarga sebagai area berkemah. Bangun tenda dari selimut dan sprei. Aktivitas ini akan makin menyenangkan jika Moms  memperbolehkan si Kecil menggunakan kantong tidur asli. Bila Moms  tidak punya, gunakan saja bantal serta selimut sebagai kantung tidurnya. 

Mengecat dinding 

Biarkan anak berkreasi dengan warna dan serunya mengecat. Tapi jangan lupa menggunakan masker ya. 

Melukis kaos 

Beri anak kaos miliknya yang sudah tidak dipakai dan spidol warna-warni atau kuas dengan aneka warna cat. Kegiatan ini akan menstimulasi imajinasi, motorik halus, dan estetikanya melalui pemilihan kombinasi dan gradasi warna. 

Mencuci kendaraan 

Bagaimana pun mencuci mobil/motor bersama-sama lebih seru dan menyenangkan. Selain itu juga, kegiatan ini jadi lebih cepat selesai, sehingga dapat mengalokasikan waktu untuk aktivitas yang lain. 

Bagaimana? Menyenangkan, bukan? Tidak perlu biaya mahal dan tentunya efektif meningkatkan keakraban antara Moms atau Dads dengan si Kecil.