Moms dan Dads, tidur malam hari itu penting tetapi tidur siang bisa menjadi masalah bila tak dilakukan oleh anak. Tidur siang merupakan kunci untuk memastikan anak-anak dapatkan jam istirahat yang merek butuhkan setiap harinya. Mengapa tidur siang itu penting? Dilansir dari WebMD, ketika anak-anak tumbuh dan berkembang, tidur siang memberi tubuh dan pikiran mereka waktu untuk beristirahat dan mengisi ulang tubuh. Ditambah lagi, jika anak-anak menjadi lelah,  sebenarnya lebih sulit bagi mereka untuk tertidur dengan mudah di malam hari. Di samping itu ada beberapa manfaat tidur siang bagi anak, yaitu:

Tidur siang membantu anak belajar 

Sebuah studi dari National Institutes of Health mengemukakan tentang anak-anak prasekolah yang melakukan tidur siang mereka melakukan lebih baik dalam hal permainan memori. 

 

Tidur siang membantu anak tetap bugar 

Penelitian Current Opinion in Endocrinology, Diabetes and Obesity menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak cukup tidur atau tidur tidak teratur cenderung memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi. Sebagian alasannya mungkin terkait dengan bagaimana mereka makan ketika mereka lelah. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak-anak cenderung makan lebih banyak ketika mereka tidak cukup tidur. Mereka juga cenderung memilih makanan yang tidak terlalu sehat. Ditambah lagi, ketika anak-anak lelah, mereka tidak akan memiliki banyak energi untuk aktif dan berolahraga yang cukup, bagian penting lainnya dari memiliki berat badan yang sehat. 

 

Tidur siang membantu suasana hati 

Satu penelitian menemukan bahwa anak berusia 2 tahun yang melewatkan tidur siangnya kurang gembira, lebih cemas, dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa yang membuat frustasi. 

 

Setelah Moms dan Dads tahu seberapa baik tidur siang, sulit untuk meyakinkan sebagian besar anak-anak meluangkan waktu untuk tidur sebentar. Untuk mempermudah naptime coba lakukan hal ini: 

 

-Atur mood-nya. 

Anak-anak berkembang dengan rutin, dan ritual penutupan angin yang teratur - katakanlah, sebuah cerita pengantar tidur dapat mengirimkan isyarat bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. 

 

-Waktu tepat

Ketika melihat bahwa anak Anda mengantuk maka taruh dia di ruangan yang sejuk, gelap, dan bebas gangguan. 

 

-Tetap singkat. 

Meski tidur siang penting, tapi pastikan durasinya tidak terlalu lama. Para peneliti mempelajari bagaimana tidur siang memengaruhi tidur balita dan menemukan bahwa semakin lama seorang anak tidur siang, semakin sulit baginya untuk tertidur di malam hari.