Memiliki anak balita perempuan berambut panjang, tentunya menggemaskan ya, Moms. Rambut yang panjang terurai bisa Moms bentuk sesuka hati sehingga membuat tampilan si Kecil semakin cantik. 

Karena itu, agar rambut si Kecil bisa tumbuh dengan sehat, Moms harus menjaganya nih, dengan tips berikut ini: 

Sering menyisir agar tidak mudah kusut

Gunakan sisir berbulu halus dan bergigi jarang supaya sisir tidak tersangkut di rambut si Kecil. Ingat juga untuk tidak menyisir rambut si Kecil dalam kondisi basah karena bisa kusut dan lebih sulit disisir. Sisirlah rambut si Kecil saat kondisi rambut kering. 

Menyisir dari ujung rambut

Mulailah menyisir dari ujung rambut dan secara perlahan naik ke akar rambut. Menurut Anita Bianche, direktur pelatihan salon anak Cool Cuts 4 Kids, menyisir rambut panjang dari atas hanya akan membuat kusut semakin parah. Jika menemukan bagian yang kusut, luruskan dengan tangan alih-alih menggunakan sisir agar tidak membuat si Kecil kesakitan. 

Gunakan spray rambut anti kusut

Moms bisa menggunakan spray rambut anti kusut khusus anak untuk membantu memudahkan penyisiran rambut yang kusut. 

Selain mengikuti tips di atas, rambut juga memerlukan asupan gizi agar tetap terjaga kesehatannya. Kurangnya asupan vitamin dan protein dapat membuat rambut menjadi kusam, rontok dan patah. 

Mitos dan fakta seputar rambut anak

Apakah Moms pernah mendengar mitos tentang rambut anak? Beberapa mitos begitu dipercayai oleh para Moms. Padahal sebagian mitos-mitos itu keliru lho, Moms. Yuk, simak mitos dan fakta  yang benar seputar rambut anak.   

Mitos. Sering memotong rambut anak membuat rambut tumbuh lebih cepat.  

Mitos ini salah ya Mom. Faktanya rambut anak mengalami pertumbuhan sepanjang setengah inci dalam sebulan. Meskipun Moms memotong rambutnya lebih sering, namun pertumbuhan rambut tetap saja setengah inci tiap bulannya. Paham ya Moms? 

Mitos. Sering mencukur kepala anak membuat rambut tumbuh lebih tebal. 

Rambut anak lebih dipengaruhi oleh faktor genetik. Bukan karena dicukur. Jadi tak perlu mencukur rambutnya terlalu sering. Biarkan saja rambut anak tumbuh secara alami. 

Mitos. Pemakaian baby oil pada kulit kepala bayi yang baru lahir dapat membuat rambut tumbuh tebal.  

Baby oil justru dapat menyebabkan kekeringan pada kulit kepala bayi dan dapat menyumbat pori-pori. Pemakaian baby oil bahkan dapat menyebabkan cradle cap lho, Moms. Untuk pertumbuhan rambut yang sehat, cukup gunakan sedikit saja baby lotion pada kulit kepala dan rambut bayi. Lalu gunakan pula petroleum jelly khusus anak di rambutnya.  

Itulah tip tentang cara merawat rambut si Kecil yang dapat Moms lakukan. Memberikan perawatan yang terbaik adalah awal untuk membantunya memiliki rambut yang sehat dan indah untuk membuatnya lebih percaya diri.