Ketika anak sakit di masa pandemi seperti ini, sebagai orangtua tentunya Moms merasa bingung langkah apa yang harus diambil, apakah perlu membawa ke dokter atau merawat sendiri di rumah? Jika sakit anak tidak terlalu serius, ada baiknya Moms menunda  membawa anak ke rumah sakit hingga situasi kondusif. Kecuali,  kondisi anak gawat darurat, seperti nyeri perut hebat, sesak napas, diare terus menerus, sesak napas, diare disertai muntah, kejang dan demam tinggi selama tiga hari. 

Bila kondisi anak tidak gawat darurat, Moms bisa merawatnya dengan memberikannya obat, sesuai dengan gejala atau keluhannya. Masalahnya, memberikan obat pada anak bukan perkara mudah. Bagi sebagian besar Moms, memberikan anak obat adalah PR yang lumayan membutuhkan usaha, apalagi bila si Kecil susah minum obat. Tapi, Moms tidak perlu khawatir, simak cara berikut ini agar si Kecil mau minum obat. 

Jangan sekali-kali memaksanya untuk  minum obat

Memaksa anak minum obat hanya akan membuat anak trauma. Jika sudah trauma akan susah sekali membuatnya kembali mau minum obat. Kalau pun akhirnya mau, butuh waktu lama.

Berikan penjelasan pada anak

Wah, penjelasan seperti apa? Bagi anak yg sudah besar atau sudah mengerti, pasti akan paham bila Moms  menjelaskan bahwa harus minum obat supaya sembuh dan bisa bermain kembali. 

Jangan berbohong

Jangan mengatakan bahwa obat yang akan diminumnya memiliki rasa manis padahal pahit. Sebaiknya katakan dengan jujur bahwa obat itu pahit,  tapi dapat menyehatkan anak.  

Berikan obat yang digemari anak-anak 

Pilihan obat untuk anak sangat variatif. Moms  dapat meminta pada dokter anak untuk diberikan obat yang disukai anak,  seperti rasa buah stroberi, anggur atau lainnya, yang penting memiliki rasa manis. 

Biarkan anak yang memilih 

Mengapa sebaiknya anak yang memilih obat mana yang akan ia minum terlebih dahulu? Karena dengan cara ini anak akan belajar untuk mengatur sendiri cara untuk cepat pulih. 

Goda dengan mainan kesukaannya 

Jika ia senang bermain boneka,  mungkin Moms bisa mencontohkan dahulu untuk meminumkan ke boneka, biasanya anak akan langsung mengikuti. 

Campurkan obat ke makanan

Campurkan obat ke makanan favorit anak (untuk yg sudah MPasi / udah makan)  Mencampurkan obat ke dalam makanan si Kecil bisa  menjadi alternatif membujuk anak minum obat. Tapi sebelumnya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak ya Moms, karena ada obat yang tidak dapat dicampur seperti itu. 

Buat suasana menyenangkan 

Saat tiba waktunya untuk minum obat, cobalah membangun suasana yang menyenangkan, misalnya dengan menonton kartun kesukaannya, mengajaknya bermain atau lainnya. 

Berikan hadiah 

Sesekali memberikan hadiah pada si Kecil sebagai bentuk apresiasi, boleh saja Moms lakukan. Namun, sebaiknya bukan hadiah yg mahal. Bentuk hadiahnya bisa berupa memberi dia waktu lebih banyak untuk bermain dengan mainan kesukaannya. 

Bagaimana Moms? Mudah dipraktikkan, bukan? Semoga bermanfaat ya, Moms.