Salah satu cara menanamkan kecintaan batik pada si Kecil, bisa dimulai dengan mengenalkan pemakaian baju batik ini sejak dini, Moms. Si Kecil pun tampak lucu dan menggemaskan saat memakai batik.

Apalagi kini beragam pilihan motif dan warna banyak ditawarkan untuk busana batik anak-anak. Namun, Moms jangan tergiur pada model baju dan motif batik saja ya, tapi perhatikan beberapa hal berikut ini: 

  • Pilih bahan yang nyaman 

Si Kecil bergerak aktif ke mana-mana. Keringatnya dengan mudah bercucuran. Jadi pilih bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak gerah,  seperti katun. Dengan bahan  ini si Kecil  akan merasa tetap nyaman dan sejuk saat memakainya. 

  • Warna cerah

Hindari batik berwarna gelap, seperti cokelat tua agar si Kecil  tidak terlihat ‘tua’. Sebaiknya berikan pilihan busana batik yang mencerminkan keceriaan anak-anak. 

Jadi berikan batik berwarna cerah, seperti biru, kuning, oranye atau merah mudah. Warna ini pun mirip dengan pakaiannya sehari-hari, terutama bagi si Kecil yang sudah mengenal warna. 

  • Motif yang lucu

Sebenarnya sekarang bebas-bebas saja memilih motif batik. Tapi alangkah menyenangkan jika melihat si Kecil memakai batik dengan motif yang dekat dengan kegemaran dan keseharian dia sebagai anak. Motif binatang, bunga polkadot, bisa jadi pilihan. Moms senang, si Kecil pun bahagia dengan baju batiknya. 

  • Model jangan ribet

Selain bahan, Moms juga harus pertimbangkan model baju batik yang akan dipilih untuk si Kecil. Anak-anak itu bergerak sangat aktif. Jadi pilihlah model baju batik yang tidak akan membuatnya kesulitan atau menghalanginya bergerak. 

Pastikan pula Moms menghindari model baju yang pemasangannya cukup rumit, seperti model jumpsuit. Model ini akan menyulitkan si Kecil saat buang air kecil.  

  • Serunya seragam sekeluarga

Baju sarimbit alias baju seragam untuk batik, jangan hanya dipakai untuk Moms dan Dads saja. Seru banget kalo si Kecil kompak ikut  seragam pula. 

Namun, lagi-lagi Moms perlu mengingat pilihan batik seragam ini dikaitkan dengan kebutuhan si Kecil dalam berbusana, yaitu:  harus terbuat dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat serta memiliki model baju yang tidak menghalangi dirinya untuk bergerak lasak ke sana ke mari.

Yuk, ajak si Kecil bergembira ria memakai baju batik!