Memasuki usia 18 bulan, pertumbuhan fisik si Kecil memang tidak sepesat masa bayinya. Akan tetapi, buah hati Anda akan mengalami banyak perkembangan lain di luar segi fisik. Ia akan mengalami perkembangan dalam kemampuan berbahasa, belajar, keseimbangan, dan koordinasi tubuh.

Dalam hal komunikasi, si Kecil bisa jadi sudah mulai dapat mengucapkan beberapa kata dengan jelas. Beberapa anak dapat mengenal dan mengucapkan hingga 20 kata. Buah hati Anda mungkin juga sudah mulai mengucapkan kata-kata sederhana sehari-hari seperti “mama”, “papa”, “susu”, “kue”, dan lain sebagainya. Anak Anda juga dapat mulai mengucapkan kata untuk meminta seperti saat meminta untuk digendong. Selain itu, si Kecil juga mulai dapat mengikuti instruksi sederhana seperti untuk mengambil atau meletakkan mainan.

Di usia ini, anak Anda mungkin sudah dapat mengalami sejumlah perkembangan dalam kemampuan fisiknya. Si Kecil kini sudah lebih memiliki kaki yang kuat. Ia dapat amat menyenangi berjalan dan berlari bahkan mungkin tidak ingin berhenti. Ia juga mungkin sudah memiliki kemampuan untuk menaiki atau memanjat perabotan tertentu. Anak kesayangan Anda juga mungkin sudah mulai dapat bermain lempar bola. Perkembangan seperti ini mungkin akan melelahkan, tetapi sebagai orang tua Anda bisa menyalurkan energi si Kecil pada aktivitas lain seperti menari.

Secara sosial, di usia ini anak Anda sudah mulai mau bergaul dan berteman terutama dengan anak seusianya. Meski begitu, terkadang ia masih mengembangkan kemampuan sosialnya sehingga mungkin ia masih sering mendorong atau memukul temannya. Di usia ini, si Kecil juga mulai dapat menunjukkan ekspresi tertawa saat merespon orang lain. Ia juga dapat menyatakan keinginannya dengan berkata-kata atau dengan tantrum.

Dalam kemampuan berpikir dan mengingat, si Kecil mulai dapat mengetahui bahwa setiap objek memiliki nama atau label masing-masing. Si kecil dapat menunjuk sejumlah barang dan bertanya apa barang yang dimaksud. Buah hati Anda juga mulai belajar meniru kegiatan di rumah seperti memasak.