Memberikan obat kepada si Kecil yang sedang sakit memang bukan perkara mudah. Maka itu, dibutuhkan trik tertentu agar anak mau minum obat. 

Hal paling utama yang harus dipahami orangtua adalah butuh kesabaran untuk membujuk anak mau minum obat. Apalagi jika sejak kecil ia selalu menolak untuk minum obat. Cobaan makin berat ketika anak seringkali tantrum tanpa alasan. Baru melihat Moms memegang obat saja, dia sudah berteriak atau bergulingan di lantai tanda menolak. Namun, cobaan ini tidak harus membuat Moms mundur. Sebaliknya, Moms harus mencari cara agar obat tersebut bisa masuk ke mulut si Kecil. 

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan agar si Kecil mau membuka mulutnya dan minum obat. Salah satu cara yang aku pribadi lakukan pada si Kecil untuk minum obat bila sakit adalah dengan memberikan penjelasan tentang manfaat obatnya terlebih dahulu. Biasanya saya akan mengatakan bahwa ia harus secara rutin minum obatnya sesuai anjuran agar cepat sembuh. 

Moms juga bisa memberikan obat ketika ia sedang asyik menonton film kartun kesukaannya, sambil bercerita, bernyanyi atau dibujuk dengan iming-iming akan memberikan makanan atau camilan kesukaannya setelah minum obat. Katakan pula bahwa setelah sembuh ia akan bisa bermain lagi dengan teman-temannya dan bisa lebih fokus saat belajar. 

Namun, cara ini tak selalu berhasil Moms, lagi-lagi butuh kesabaran. Aku sendiri mengalami beragam cobaan dalam usaha aku membujuk anak minum obat, dari yang menutup mulutnya, obat dimuntahkan kembali, sampai aksi menangis yang sulit didiamkan. Kalau sudah seperti ini, biasanya aku beri jeda dulu sampai emosi dia tenang, baru aku coba untuk memberikan lagi. 

Ada juga cara yang biasa dilakukan turun temurun dari orang tua yaitu minum obat sambil makan pisang atau makanan kesukaannya. Namun cara ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak ya, Moms. Jangan sampai manfaat obat tersebut hilang karena dicampur dengan makanan lain. 

Bila semua cara masih ditolak si Kecil,  Moms bisa meminta bantuan dokter untuk  memberikan obat pada anak. Moms juga bisa memberikan pujian dan hadiah kecil setelah ia berhasil minum obat. Lakukan cara apa pun, asalkan tidak memaksa si Kecil, karena hanya menimbulkan trauma dan membuat si Kecil takut untuk minum obat lagi. Rahasia keberhasilan si Kecil mau minum obat adalah kesabaran, Moms. Jadi, jangan pernah kehilangan kesabaran ya, Moms. Semangat!