Pisang merupakan salah satu buah yang praktis dijadikan camilan sehat karena tinggi nutrisi. Pisang merupakan  sumber karbohidrat dan kaya akan  vitamin, serat, antioksidan dan mineral penting lainnya. Beberapa manfaat pisang adalah sebagai sumber energi, meningkatkan imunitas tubuh, membantu mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil, dan banyak lagi. Karena banyak manfaat baik dari pisang, maka sebaiknya pisang menjadi camilan sehari-hari untuk si Kecil. 

Apakah si Kecil kurang suka mengonsumsi buah pisang? Enggak perlu khawatir. Moms bisa mencoba pisang goreng crispy saus karamel ini sebagai camilan si Kecil. Manisnya yang pas dan tekstur crispy-nya bisa membuat si Kecil mau mengonsumsi buah pisang. 

Jadi Moms, selain dikonsumsi secara langsung, Moms bisa mengolah pisang menjadi pisang crispy. Satu buah pisang saja bisa cukup untuk camilan  si Kecil nih moms. Selain saus karamel, Moms juga bisa menggantinya dengan saus keju atau pun dengan selai kacang . Berikut bahan dan resepnya,  Moms. 

Pisang goreng crispy saus caramel (untuk bayi 12 bulan ke atas) 

Bahan pisang goreng:

1 buah pisang (pisangnya bebas asal sudah matang) 

Secukupnya tepung terigu 

Secukupnya tepung roti

Sedikit garam 

Secukupnya air matang 

Bahan saus caramel:

1 sdm gula pasir 

Sedikit air matang 

Cara membuat: 

  • Belah pisangnya menjadi 2 bagian.
  • Siapkan bahan pelapisnya. Wadah pertama untuk tepung terigu, wadah kedua untuk tepung terigu yg dicampurkan dengan air dan sedikit garam (tekstur adonan kental) dan wadah ketiga untuk tepung roti.
  • Ambil pisang gulingkan pada tepung terigu - tepung basah - tepung roti.
  • Masukkan sebentar ke dalam freezer supaya tepung menempel.
  • Goreng pisang dengan minyak panas hingga cokelat keemasan. Angkat. Sajikan dengan saus karamel. 

Cara membuat saus caramel: 

Lelehkan gula pasir dengan sedikit air. Aduk  hingga menjadi karamel. Jangan mengaduk terlalu lama ya,  Moms supaya saus karamel tidak menjadi pahit.

Pancake pisang (untuk bayi 12 bulan ke atas) 

Bahan: 

1 buah pisang Ambon 

4 sdm tepung terigu 

1 sdm margarin, lelehkan 

1/2 butir telur kocok lepas

100 ml susu UHT

1/2 sdt baking powder 

Secukupnya keju parut untuk topping.

Cara membuat: 

  • Blender pisang, susu dan telur menjdi satu
  • Campur tepung terigu dan baking powder
  • Masukkan adonan pisang yang sudah diblender. Tambahkan margarin cair.  Aduk rata.
  • Panaskan teflon, olesi dengan margarin/mentega. Tuang satu sendok sayur ke dalam teflon. Kalau sudah bergelembung balik pancakenya. Atau kalau mau lebih merata, tutup teflon sesekali. Ulangi sampai adonan habis .
  • Pancake siap disajikan dengan topping parutan keju.  

Untuk topping bisa diganti madu/cokelat atau apa pun yang ada di rumah. Sesuaikan juga dengan selera si Kecil, ya Moms. Selamat mencoba. 


a .