Bukan hanya mimpi erotis, di masa kehamilan, tak jarang Moms hamil bermimpi hal-hal buruk, seperti lupa tempat meletakkan bayi. Bermimpi itu saja sudah membuat Moms menjadi gila rasanya. Saat terbangun Moms menjadikan Moms ketakutan setengah mati. Jangan-jangan terjadi sesuatu terhadap si Kecil yang sedang berkembang di dalam janin. Atau yang lebih parah lagi Moms berpikir kejadian di dalam mimpi itu akan menjadi kenyataan. 

Stop kegalauan dan kecemasan akibat mimpi aneh sewaktu kehamilan. Berikut 8 arti mimpi aneh saat Moms yang hamil tertidur di malam hari  dan artinya, menurut para ahli.

Melahirkan hewan

Amit-amit…. Begitu mungkin perasaaan Moms saat terbangun. Mengapa mimpi ini terjadi? Ini karena bagi banyak Moms, yang paling dekat dengan menjadi ibu adalah memiliki hewan peliharaan. Melahirkan hewan peliharaan adalah mimpi  seolah-olah ‘berlatih’ melahirkan, Hewan (biasanya berwujud hewn peliharaan) itu menggantikan bayinya, jelas Hillary Grill, co writer buku Dreaming for Two.

Dengan kata lain, ini adalah cara pikiran Moms berlatih untuk hal yang nyata, tetapi pada tingkat yang lebih mudah diatur. Mimpi-mimpi ini juga mengungkapkan tentang ketakutan mendasar untuk bertanggung jawab penuh atas makhluk yang tidak berdaya.

Veronica Tonay, Ph.D., penulis buku Every Dream Interpreted, di saat usia kehamilan bertambah, hewan yang diimpikan pun lebih besar dan mengembangkan kualitas manusia. "Pada trimester pertama, ibu hamil mungkin bermimpi tentang anak kelinci, dan kemudian menjadi kelinci yang bisa berbicara," kata Dr. Tonay. 

Mengeluarkan bayi dari rahim, lalu memasukkannya kembali

Setiap Moms mengkhawatirkan kesehatan bayinya. Mimpi ini kemungkinan besar merupakan cerminan dari keinginan untuk melihat secara langsung bahwa si Kecil di dalam kandungan Moms itu berkembang secara normal. Setelah memeriksa dan melihat  semuanya baik-baik saja, bayi kembali ke rahim untuk terus tumbuh.

Dalam penelitiannya, Hillary mengatakan mimpi ini paling umum terjadi di antara Moms hamil yang telah mengalami keguguran, atau yang memiliki kehamilan berisiko tinggi.  

Arti lain dari mimpi ini  adalah calon Moms ini ingin melihat bayinya, sekaligus ingin menyakinkan diri:  "Apakah saya akan mencintai bayi ini?".

Berenang, tenggelam, terombang-ambing di lautan

Mimpi kehamilan yang menjadikan Moms berenang itu berarti Moms mencoba terhubung dengan calon bayi, yang bermandikan air di dalam rahim Moms. Berenang juga bisa berarti Moms mencoba berhubungan dengan bayi yang hidup di air. Ini juga merupakan cara untuk terhubung dengan alam, karena Moms merasa menjadi bagian dari alam ketika sedang ‘membuat’ bayi.

Tenggelam adalah gambaran umum lainnya. Menurut Hillary, tenggelam itu menunjukkan sedang merasa kewalahan. Atau, dapat pula menjadi gambaran  ketakutan Moms tentang kemungkinan air ketuban pecah di tempat yang tidak tepat. Lautan dan ombaknya yang pecah bisa melambangkan akan segera melahirkan.

Pasangan selingkuh

Ingat ya Moms, mimpi ini jangan langsung diartikan menjadi sinyal Dads sedang membuat episode Layangan putus buat Moms. 

Mimpi suami berselingkuh biasanya merupakan pertanda bahwa Moms sedang merasa rentan dan tidak aman terhadap diri sendiri. Saat tubuh berubah di masa kehamilan, beberapa Moms merasa dirinya  tidak menarik. Hal ini membuat bertanya-tanya: apakah suami masih menginginkan mereka? Dan, apakah mereka akan mendapatkan tubuh mereka kembali?

Jangan biarkan pertanyaan itu membuat Moms tertekan. Kondisi hamil sangat wajar membawa perubahan. Dan, ini hanya sementara saja. 

Mantan kekasih muncul kembali

Mimpi Moms bersama dengan mantan kekasih itu bukan berarti Moms diam-diam menginginkan hal itu terjadi. Mimpi ini  bisa berarti bahwa Moms merasa ragu-ragu tentang peran baru sebagai ibu  dan tanggung jawab yang akan datang. Mungkin di saat ini Moms merasa terjebak, tak tahu apa yang dilakukan. Akhirnya timbul romantisma di masa lalu, di masa Moms ceria tanpa beban.

Lupa tempat meletakkan bayi Moms

Banyak Moms takut mimpi ini adalah firasat kehilangan bayi adalah firasat. Menurut Marjorie Greenfield, penulis The Working Woman’s Pregnancy, mimpi adalah cara otak Moms mengatasi ketakutan dan kecemasan. Mimpi hanyalah proyeksi dari apa yang Moms hadapi. Itu tidak bisa memprediksi masa depan, Moms. Jadi ini hanya alam bawah sadar yang  sedang bersiap untuk babak hidup Moms berikutnya sebagai ibu!

Gigi rontok

Gigi yang hancur adalah simbol dari kehilangan kendali. Bila mimpi ini sering terjadi, kemungkinan ini menunjukkan betapa stresnya Moms terhadap kehamilan dan bagaimana kehamilan ini akan memengaruhi hidup Moms.

Bertemu atau berdekatan dengan selebriti

Wow.., ini mimpi indah, Moms. Mimpi tentang dirayu atau berdekatan dengan seseorang tenar dan popular sangat umum dalam kehamilan. Mimpi ini bukti bahwa Moms berhasil menghayati dan menjalani pentingnya peran Mom sebagai seorang ibu. Moms akan menjadi salah satu orang paling berpengaruh dalam kehidupan si Kecil kelak. Bravo, Moms!