Ada beberapa kasus pada ibu hamil dengan riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, bawaan hamil atau hormonal dan turunan (genetik) yang mengakibatkan janin yang dikandung memiliki berat badan yang berlebih. Yang disebut berat badan berlebih pada janin adalah bayi yang terlahir dengan berat badan lebih dari 4000 gram.  Bayi yang terlahir besar juga biasa disebut dalam medis Makrosomia atau bayi besar, namun kasusnya sangat jarang. 

Banyak orang yang bersyukur karena melahirkan bayi besar,  tapi untuk beberapa orang tidak, karena janin yang besar memiliki risiko melahirkan yang juga besar,  lebih rentan mengalami cidera,  baik ibu atau pun bayinya. Bahkan beberapa dokter menyarankan untuk caesar karena beberapa Moms dengan janin besar memiliki kondisi pinggul yang kecil . 

Untuk menghindari hamil dengan janin yang besar, Moms bisa melakukan tindakan pencegahan dengan cara berikut: 

  • Melakukan pola hidup sehat 
  • Biasanya pada trimester kedua atau ketiga kehamilan, berat badan janin sudah terdeteksi. Bila dianggap besar, biasanya dokter akan meminta Moms untuk melakukan diet, seperti  pola makan yang sehat selama hamil, perbanyak konsumsi cairan atau minum air putih agar terhindar dari dehidrasi dan konstipasi. 
  • Jauhi asap rokok dan rutin menghirup udara segar di pagi hari. 
  • Jangan lupa untuk menghindari makanan yang tinggi lemak, garam dan gula. 
  • Kurangi minuman yang berkafein dan hindari minuman bersoda. 
  • Perbanyak konsumsi buah - buahan dan sayuran yang sangat bagus untuk pencernaan karena mengandung banyak serat dan dapat membantu agar terhindar dari sembelit .
  • Rutin olahraga dan melakukan aktivitas ringan juga dapat mengurangi kalori dalam tubuh. Usahakan untuk rutin jalan kaki ringan di pagi hari dan melakukan senam hamil. 
  • Rajin pantau berat badan dari awal kehamilan secara teratur,  sambil konsultasikan juga ke bidan atau dokter kandungan batas normal kenaikkan berat badan pada Moms hamil agar mudah untuk mengontrol berat badan. Untuk informasi, kenaikan berat badan yang normal pada Moms hamil sekitar 10 kg - 13 kg.