Dari segi ciri-ciri kehamilan, sebenarnya hamil kembar atau satu anak hampir sama, Moms. Tapi memang ada perubahan fisik yang berbeda dan beberapa risiko kesehatan yang perlu diwaspadai.

Karena itu, Moms yang mendapatkan karunia hamil kembar, jangan lupa rajin memeriksakan diri ke dokter atau klinik kesehatan ya. Sekalipun Moms sudah memiliki pengalaman kehamilan sebelumnya. 

Berikut ini beberapa fakta kesehatan kehamilan kembar yang perlu Moms perhatikan: 

Akan membutuhkan lebih banyak nutrisi

Ini  benar adanya. Sebagai calon ibu kembar, Moms akan membutuhkan vitamin dan mineral untuk membantu si Kecil bertumbuh dengan baik. Karena ada dua janin, maka vitamin dan mineral yang dibutuhkan tentunya lebih tinggi dari kehamilan satu bayi. 

Salah satu nutrisi yang kebutuhannya tinggi adalah asam folat, Moms. Moms yang hamil kembar membutuhkan jumlah asam folat lebih tinggi untuk membantu mencegah bayi cacat lahir, seperti spina bifida.  Rekomendasi asam folat sehari yang perlu Moms konsumsi  adalah 1.000 mikrogram sehari, lebih banyak dibandingkan dengan kehamilan bayi tunggal yang  400 mikrogram/hari. 

Akan lebih mudah terkena anemia

Kelelahan memang wajar terjadi sewaktu hamil ya, Moms. Tapi, Moms harus jaga jangan sampai Moms mengalami kelelahan ekstrem.

Kelelahan bisa jadi pertanda anemia atau kekurangan zat besi dalam darah. Kondisi ini biasa terjadi pada kehamilan kembar, karena kedua bayi membutuhkan zat besi untuk perkembangannya, dan mereka secara otomatis menghisapnya dari ibu. Jadi Moms, konsumsi vitamin prenatal yang mengandung 30 mg zat besi untuk mencegah anemia. 

Bentuk tubuh banyak berubah

Sebagian besar Moms hamil kembar akan mengalami ini. Tubuh lebih menggemuk. Ya wajar sih ….  Moms membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita yang mengandung satu bayi. Jadi, target kenaikan berat badan Moms dengan bayi kembar pun selama kehamilan lebih tinggi. 

Untuk kalori ini sebaiknya Moms pun berkonsultasi dengan dokter obgin. Selain itu, konsultasikan pula dengan ahli diet dan nutrisi agar Moms mendapatkan pilihan makanan dan perencanaan nutrisi yang tepat untuk perkembangan bayi-bayi Moms.

Bayi kembar membuat tubuh bengkak

Bisa terjadi, bisa jadi juga tidak. Tapi memang Moms dengan bayi kembar cenderung menahan lebih banyak air, dan mengalami lebih banyak pembengkakan. Mengapa? Karena wanita secara alami menahan lebih banyak air saat hamil, dan hamil untuk dua bayi jelas membuat air yang tertahan ini lebih banyak.

Lebih bengkak itu wajar. Tapi, jika sangat bengkak, ini harus waspada, Moms. Pembengkakan ekstrem, yang disebut edema, biasanya di area tangan, wajah, dan kaki bisa menjadi tanda kondisi yang lebih serius, seperti preeklamsia. Jadi, segera konsultasikan ke dokter saat Moms mengalami ini.

Bayi kembar harus lebih rajin cek ke dokter

Ini hukumnya wajib. Adanya dua bayi di rahim berarti dua kali risiko, dan itu berarti lebih banyak pemantauan kehamilan diperlukan. Rahim Moms itu bisa menjadi sempit untuk ruang bagi duo si Kecil, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Sehingga, perlu  pemantauan lebih intensif untuk memeriksa pertumbuhan atau tanda-tanda gawat janin.

Lahir kembar bisa secara normal

Ini benar adanya. Memang, kemungkinan Moms akan menjalani operasi caesar lebih tinggi pada kehamilan kembar. Hal ini karena potensi komplikasi kesehatan yang lebih tinggi dengan adanya dua bayi di dalam rahim

Tapi, itu tidak menutup kemungkinan Moms melahirkan secara normal. Sepanjang, kesehatan Moms, detak jantung janin, atau posisi bayi tidak mengganggu atau aman, maka kelahiran normal pun bisa dilakukan. 

^IK