Dengan kehadiran si Kecil di dalam kandungan, mungkin saja membuat Moms bingung untuk memilih posisi yang terbaik saat tidur. Moms, misalnya khawatir posisi tidur akan menekan bayi yang sedang bertumbuh di dalam rahim.  

Kekhawatiran ini dirasakan oleh banyak Moms hamil. Apalagi ketika kandungan semakin membesar. Biasanya pada trimester ketiga, Moms akan kesulitan tidur karena tidak menemukan posisi tidur yang nyaman. 

Survei dari National Sleep Foundation menyebutkan 78% wanita lebih sulit tidur saat hamil, dengan 15% mengalami restless leg syndrome selama trimester ketiga. Restless leg Syndrome disebut sindrom kaki gelisah adalah kondisi neurologis. Kondisi ini dapat menyebabkan Moms memiliki keinginan tidak terkontrol untuk menggerakkan kaki, biasanya karena rasa tidak nyaman pada kaki.

Banyak wanita hamil melaporkan kelelahan, terutama pada trimester pertama dan ketiga. Peningkatan kadar progesteron dan upaya membawa berat badan ekstra, dapat meningkatkan kelelahan ini, yang dapat memperburuk kondisi kurang tidur.

Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu Moms mendapatkan posisi tidur yang nyaman selama masa kehamilan: 

Selama trimester pertama:

Pada masa ini aman bagi Moms untuk tidur dalam posisi apa pun yang bikin Moms merasa nyaman, apakah itu posisi telentang, miring, atau tengkurap. Kombinasi apa pun dari posisi tersebut juga diperbolehkan.

Di masa ini rahim belum tumbuh cukup besar untuk mengganggu tidur, Moms. Namun, perubahan hormonal, rasa lapar di malam hari, mual, dan gejala kehamilan lainnya dapat membuat tidur Moms lebih sulit.

Saat mencapai trimester kedua dan ketiga

Di masa ini sangat ideal bagi Moms untuk tidur miring ke arah kiri. Berada dalam posisi ini memaksimalkan aliran darah ke rahim tanpa memberi tekanan pada jantung. 

Tapi, jika Moms lebih menyukai  untuk tidur miring ke kanan, boleh saja Moms melakukannya. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa posisi ini akan membahayakan kesehatan Moms dan proses perkembangan janin.

Bila Moms mengalami nyeri pinggul atau punggung selama kehamilan, cobalah  menempatkan satu atau dua bantal di antara lutut atau menekuk lutut saat tidur. Cara ini mungkin dapat membuat Moms lebih nyaman dan  membantu meredakan nyeri.

Beberapa posisi tidur lain yang dapat membantu Moms lebih nyaman, seperti:

  • Mengangkat tubuh bagian atas dengan beberapa bantal untuk mengurangi rasa mulas.
  • Menempatkan kaki di atas bantal untuk membantu mengatasi rasa bengkak dan nyeri yang Moms rasakan di kaki.
  • Menggunakan body pillow atau bantal kehamilan untuk menyangga tubuh dan memberikan penyangga punggung tambahan.