Si kuning nan  manis ini termasuk buah tropis yang banyak ditemui di sekitar kita. Sama halnya dengan durian, sebagian orang sangat menyukainya. Sebagian lainnya,  jangankan mencicipi, mencium aromanya saja tidak tahan. Nah, Moms termasuk kelompok yang mana nih? Bila Moms termasuk kelompok pertama, ada fakta yang harus Moms ketahui tentang buah nangka di bawah ini.

Buah nangka yang bijinya bisa dikonsumsi ini memang kalah pamor di antara buah lain, namun manfaat yang ditawarkannya tidak kalah, Moms. Bila Moms sedang hamil, namun sangat khawatir untuk mengonsumsi buah nangka, sebaiknya buang jauh-jauh kekhawatiran tersebut, sebab menurut ginekologis, Moms hamil dapat mengonsumsi hampir semua buah dengan porsi yang tidak berlebihan, termasuk nangka.

Bila selama ini ada yang menganggap nangka bisa menyebabkan keguguran, itu hanya mitos ya Moms, karena tidak ada penelitian yang membuktikannya. Malah, selama dikonsumsi tidak berlebihan, manfaat nangka bisa dirasakan bumil, apa saja? 

Mencegah anemia

Biji nangka kaya akan zat besi sehingga bisa menyembuhkan anemia.  Zat besi meningkatkan produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil. 

Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin

Nangka dapat mencukupi kebutuhan kalsium, zinc, zat besi, dan beta-karoten untuk pertumbuhan janin. Selain itu, nangka merupakan sumber vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan folat. Semua nutrisi ini membantu pembentukan organ penting janin, Moms.

Membantu mengatur tekanan darah

Naiknya tekanan darah pada Moms yang hamil dapat berdampak buruk pada fetus, dan merupakan tanda preeklamsia yang dapat menyebabkan komplikasi. Tekanan darah tinggi dapat menghambat aliran darah menuju plasenta sehingga berbahaya bagi janin. Untuk mencegahnya, Moms dapat mengonsumsi makanan sehat, salah satunya nangka yang dapat menyeimbangkan kalsium, magnesium, dan garam dalam tubuh.

Menghilangkan rasa lelah

Kehamilan dapat melelahkan bagi Moms. Namun, mengonsumsi nangka dapat mengembalikan energi Moms. Per 100gr buah nangka mengandung fruktosa dan sukrosa sebanyak 19,08g. 

Merangsang pencernaan

Konstipasi dan tidak lancarnya pencernaan juga kerap dialami Moms selama kehamilan. Jika Moms juga mengalaminya, mengonsumsi buah yang kaya serat ini,  bisa jadi solusinya. Kandungan serat dalam nangka dapat memenuhi hampir 10 persen dari asupan serat harian, sehingga dapat meredakan sembelit dan melancarkan pencernaan.

Mengurangi stres

Hamil selama sembilan bulan berisiko meningkatkan stres bagi Moms dan ini berbahaya bagi janin dan Moms sendiri. Salah satu cara mengurangi risiko stress saat hamil adalah meditasi dan yoga, diimbangi dengan konsumsi makanan sehat, salah satunya buah nangka yang mengandung protein.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dalam nangka, dalam hal ini vitamin C, sangat dibutuhkan selama kehamilan. Vitamin C dapat meningkatkan sistem imun Moms, sehingga menurunkan risiko terpapar penyakit. Selain itu, Vitamin C dapat membentuk kolagen dalam tulang dan otot pada janin, juga membantu penyerapan zat besi.