Moms hamil mudah merasa lapar? Itu wajar, kok, Moms,  mengingat kebutuhan kalori harian ibu hamil meningkat 300 kkal dari kebutuhan kalori Moms sebelum hamil. 

Selain camilan, makanan yang hampir setiap hari Moms konsumsi adalah nasi. Moms yang menggunakan nasi sebagai makanan pokok mungkin akan sedikit khawatir jika berat badannya naik secara drastis ketika mengonsumsi nasi putih terlalu banyak. 

Tidak selalu nasi putih, Moms juga bisa menggantinya dengan  nasi merah. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki beberapa kelebihan, seperti tinggi serat dan rendah gula. 

Selain kedua keunggulan tersebut, nasi merah juga memiliki banyak manfaat untuk Moms hamil. Apa saja? Yuk simak penjelasannya: 

Membantu mengontrol gula darah 

Nasi merah merupakan jenis Karbohidrat kompleks yang terdiri dari banyak jenis serat dan memiliki indeks glikemiks yang cukup rendah dibandingkan nasi putih. Karbo kompleks yang kaya akan nutrisi akan membuat tubuh mencernanya menjadi lebih lama sehingga tidak terjadi lonjakan gula darah yang signifikan. 

Menjaga sistem pencernaan 

Sistem pencernaan Moms yang sedang hamil biasanya sering terganggu,  baik karena hormon atau karena anatomi tubuh Moms yang berubah. Masalah pencernaan yang sering Moms hamil salah satunya adalah sembelit. Beras merah mampu mencegah sembelit karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya. 

Kaya akan antioksidan 

Selain kaya akan serat dan memiliki indeks glikemiks yang cenderung rendah maka beras merah juga mengandung sumber vitamin dan antioksidan yang sangat bagus untuk melindungi Moms dari infeksi dan membuat Moms menjadi lebih aktif setiap harinya. 

Mencegah anemia 

Moms hamil mungkin rentan mengalami anemia karena kekurangan zat besi di dalam tubuh. Selain mengonsumsi daging atau pun hati ayam, beras merah juga baik bagi penderita anemia karena di dalam beras merah terdapat kandungan zat besi yang baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Moms. 

Bagaimana Moms? Banyak bukan manfaat dari mengonsumsi beras merah? Selain rasanya yang enak dan hampir mirip dengan beras putih, beras merah ternyata mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk Moms.