Bit mungkin buah belum familiar di lidah Moms. Jenis umbi-umbian ini sebenarnya ada beberapa warna, tetapi di Indonesia yang banyak di pasaran adalah buah bit yang berwarna magenta. Buah ini memang kurang manis, dan bagi yang belum terbiasa mengonsumsinya mungkin awalnya terasa agak langu.

Namun, bila bicara nutrisi, bit memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Menjadikannya sebagai pilihan cerdas bagi Moms untuk buah selama kehamilan.

Manfaat buah bit selama kehamilan

Sebagai buah untuk ibu hamil, bit kaya akan  vitamin dan mineral.  Dengan beberapa cara, bit bisa menjadikan sajian lezat dan penuh nutrisi untuk ibu hamil dan bagi yang dikandungnya. Berikut beberapa manfaatnya: 

Mencegah sembelit

Saat hamil, hormon bisa membuat metabolisme pencernaan  melambat. Untuk itu, Moms perlu konsumsi makanan kaya serat agar membantu mencegah sembelit kehamilan, sehingga urusan BAB selalu teratur.  Nah, buah bit bisa membantu Moms. Bit tinggi serat. Dalam satu cangkir bit mengandung hampir 4 gram, yaitu sekitar 14 persen dari anjuran harian 28 gram. 

Dapat membantu mencegah Neural Tube Defect (NTD)

NTD adalah adalah salah satu kelainan kongenital pada sistem saraf pusat yang diakibatkan oleh kegagalan tuba neural untuk menutup.  Salah satu cara mencegah terjadinya NTD, seperti jenis anensefali dan spina bifida, adalah kecukupan konsumsi asam folat. Menurut CDC, selama kehamilan, kebutuhan asam folat adalah 400 mikrogram folat atau asam folat setiap harinya. 

Nah, asam folat untuk ibu hamil bisa didapat dari bit, Moms. Meski demikian, untuk mencegah kehamilan berisiko, selain konsumsi makanan yang kaya asam folat seperti bit,  Moms juga perlu mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat atau folat.

Dapat membantu mengatasi anemia

Anemia defisiensi zat besi dapat muncul selama kehamilan dan menyebabkan gejala seperti kelelahan dan kelesuan. Itulah sebabnya  para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 30 hingga 60 miligram zat besi per hari.

Sebagai buah untuk ibu hamil, buah bit mengandung zat besi. Meskipun tidak sekaya kandungan zat besi dari daging, tapi buah bit adalah sumber zat besi dari nabati yang penting dan bagus bagi ibu hamil, khususnya bagi Moms yang vegetarian dan vegan.

Dapat mencegah terjadinya Fetal Growth Restriction 

Dikenal juga sebagai Intrauterine Growth Restriction (IUGR) adalah suatu kondisi berat badan janin berada pada rentang lebih rendah dari usia kandungan. Beberapa peneliti memperlihatkan buah bit dan potensinya dalam mencegah  IUGR ini.

Bagaimana cara kerjanya? Hambatan pertumbuhan seringkali disebabkan oleh masalah pada plasenta. Nah, aliran darah melintasi plasenta dapat ditingkatkan dengan nitrat yang terkandung dalam bit.

Dapat menurunkan risiko preeklamsia

Studi pada 2018, memperlihatkan manfaat konsumsi jus bit untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi berbahaya bagi kehamilan karena berisiko terjadinya preeklamsia.

Membantu menjaga berat badan

"Makan untuk dua orang"  tidak disarankan selama kehamilan. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan untuk mendapatkan 340 kalori ekstra per hari mulai pada trimester kedua jika  Moms mengandung satu bayi. Jumlah itu meningkat menjadi 600 kalori per hari jika  Moms mengandung anak kembar.

Jika kehamilan membuat Moms sering merasa lapar, maka bit adalah makanan yang baik untuk mengenyangkan Anda. Bit mengandung nutrisi ibu hamil seperti vitamin C, kalium, serat, folat, mangan, dan zat besi. Berita baiknya Moms: bit rendah kalori! Hanya 70 kalori per cangkir dan memiliki 87 persen kandungan air.

Yummy dan Sehat 

Untuk memasak bit, Moms bisa memanggangnya, mengukus untuk dimakan atau digabung dengan buah atau sayur untuk menjadi salad. Bit juga bisa ditambahkan dalam sayuran tumis. Moms juga bisa membuatnya menjadi minuman yang menyegarkan, baik berupa jus atau smoothie. 

Resep jus bit

  • Potong buah bit dalam ukuran kecil
  • Tambahkan apel atau jeruk, baik berupa buah utuh yang dipotong atau jus
  • Lalu blender hingga halus. Jus bit pun siap diminum

Resep Smoothie Bit

Megan Gilmore, pengembang resep di Detoxinista, menyarankan resep berikut:

  • 1/2 cangkir bit cincang (dengan kulitnya)
  • 1/2 inci jahe segar, kupas
  • 1/2 cangkir jus jeruk
  • 1/2 gelas air
  • 1 buah pisang beku
  • 1 cangkir stroberi beku
  • Haluskan dalam blender bertenaga tinggi hingga lembut