Persalinan terkadang menjadi momok menakutkan bagi bumil. Banyak di antara Moms hamil yang memiliki pengalaman traumatik pada saat proses persalinan. Efek traumatik tersebut tidak jarang membuat Moms yang akan melahirkan menjadi stres dan takut. Akibatnya produksi hormon stres meningkat dan menekan produksi hormon oksitosin sehingga mempersulit jalannya persalinan. 

Efek stres dalam proses persalinan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Moms ketika bersalin. Banyak dari mereka, yang bahkan jauh- jauh hari sebelum waktu persalinan sudah merasa stres. Tetapi di zaman sekarang,  sudah sangat banyak alternatif persalinan dengan minim trauma,  salah satunya adalah dengan teknik hypnobirthing. 

Hypnobirthing merupakan teknik persalinan yang tenang dan nyaman. Teknik ini menekankan bahwa setiap perempuan memiliki potensi untuk menjalani proses kehamilan dan melahirkan secara alami, tenang, bahagia dan nyaman (tanpa rasa sakit). Program ini mengajarkan bumil untuk menyatu dengan gerak dan ritme tubuhnya saat menjalani proses melahirkan. Membiarkan tubuh dan pikirannya untuk bekerja, serta meyakini bahwa tubuhnya mampu berfungsi sebagaimana seharusnya, sehingga rasa sakit menghilang. 

Dasar pertama dari hypnobirthing adalah relaksasi. Relaksasi merupakan kemampuan untuk melampaui pikiran dengan mencapai sebuah momen kedamaian dan ketenangan batin. Relaksasi berarti Moms maupun provider mampu menyelaraskan antara body, mind and spirit. Berikut adalah tip bagaimana Moms mempersiapkan diri untuk melahirkan secara hypnobirthing : 

-Calon Moms  atau pendamping mendapatkan informasi dan melakukan latihan mengenai teknik relaksasi dan meditasi. 

-Memastikan kehamilan aman dan normal tanpa penyulit. 

-Memilih provider yang mengenal dan mampu melaksanakan teknik hypnobirthing dalam menolong persalinan.

-Pastikan keluarga terdekat paham mengenai metode persalinan dengan hypnobirthing. 

Keuntungan hypnobirthing selain mengurasi rasa sakit serta melahirkan dengan nyaman dan aman, juga memiliki manfaat yang besar untuk bayi yang dilahirkan,  seperti bayi memiliki APGAR score lebih baik dibandingkan bayi yang dilahirkan dengan metode lain,  serta ikatan yang lebih kuat antara Moms dan bayi.  Hypnobirthing juga aman dan tidak memiliki kerugian dari segi medis karena teknik ini tidak menggunakan obat-obatan dan intervensi medis secara berlebihan.