Masa kehamilan merupakan masa dimana Moms memiliki banyak pantangan serta anjuran yang sering disampaikan oleh orang awam maupun oleh tenaga medis. 

Beberapa pantangan yang paling sering didengar adalah pantangan yang menyangkut beberapa jenis perawatan rambut salah satunya adalah mewarnai rambut. Mungkin Moms akan bertanya mengenai efek dari pewarna rambut terhadap kesehatan janin. Sebagian dari mereka menganggap bahwa bahan kimia yang digunakan sebagai pewarna akan terserap melalui kulit kepala dan akhirnya bisa mempengaruhi janin atau bahkan membahayakan janin. Tetapi benarkah demikian? 

Dikutip dari dari laman mayoclinic, penggunaan pewarna rambut secara teori akan terserap ke dalam rambut dan bisa meningkatkan risiko iritasi hingga alergi di kulit kepala Moms. Walaupun pewarna rambut bisa terserap ke dalam kulit kepala tetapi untuk penelitian mengenai pengaruh pewarna rambut pada kehamilan masih terbatas. Bahkan menurut American pregnancy dampaknya sangat kecil untuk janin. 

Bagaimana Moms? Apakah sedikit mendapatkan angin segar? Tetapi jika Moms ingin mewarnai rambut, berikut adalah rangkuman beberapa saran yang bisa Moms pertimbangkan sebelum mewarnai rambut : 

Pilihlah pewarna rambut berbahan dasar alami 

Memilih pewarna rambut yang rendah amonia dan bahan kimia lainnya. Moms bisa memilih pewarna rambut yang berbahan dasar dari tumbuh-tumbuhan. 

Hindari trimester awal kehamilan 

Trimester awal yang dimaksudkan adalah trimester 1 kehamilan. Para trimester satu kehamilan janin masih sangat rentan terhadap pengaruh dari luar. Walaupun pewarna rambut yang terserap tidak akan mempengaruhi janin tetapi sebaiknya Moms mempertimbangkan lagi jika ingin mewarnai rambut di trimester awal kehamilan. 

Hindari kontak langsung dengan kulit kepala 

Pilihan lain untuk Moms yang ingin mewarnai rambut yakni Moms bisa mewarnai rambut secara highlight saja. Jika Moms ingin mewarnai rambut diusahakan agar mewarnai rambut dimulai dari 1 cm dari kulit kepala sehingga meminimalisir pewarna rambut terserap ke dalam kulit kepala. 

Pastikan ventilasi udara bagus 

Pilihlah tempat yang memiliki ventilasi udara yang bagus. Aroma pewarna rambut yang menyengat mungkin akan membuat Moms menjadi tidak nyaman hingga mual. Ventilasi udara yang bagus mengurangi aroma menyengat dari pewarna rambut yang Moms gunakan. 

Pakailah sarung tangan 

Menggunakan sarung tangan saat mewarnai rambut akan mengurangi resiko kontak langsung dengan pewarna rambut. Serta selalu perhatikan instruksi yang tertera dalam kemasan produk pewarna rambut.