Saat hamil, Moms mungkin sering mengalami sakit punggung atau nyeri punggung (low back pain). Coba ubah posisi tidur Ibu atau lakukan pijatan lembut untuk menguranginya. 

Apa Penyebabnya? 

Nyeri punggung yang Ibu rasakan saat ini diakibatkan beban perut yang makin besar menarik otot punggung belakang ke depan. Apalagi ligamen-ligamen jaringan tubuh Ibu mulai melunak karena persiapan proses melahirkan. Biasanya ini juga menyebabkan nyeri panggul. Apakah hal ini normal? Ya tentu saja ini normal terjadi dan Moms tidak perlu kuatir sama sekali kok.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil:

  • Postur. Postur tubuh Ibu mempengaruhi rasa nyeri yang Ibu rasakan. Coba tetap tegak dan menjaga perut Ibu dalam posisi masuk ke dalam.
  • Duduk . Usahakan duduk tegak. Kalau perlu, tahan punggung Ibu dengan bantal.
  • Tidur . Malam hari, berbaringlah di satu sisi tubuh, taruh bantal di antara lutut untuk menjaga posisi yang benar. Selain itu, gunakan lengan Ibu untuk membantu mendorong tubuh ke atas sekaligus menahan perut Ibu. Posisi ini akan mengatasi ketegangan pada punggung sehingga rasa nyeri hilang.
  • Sepatu. Sepatu yang nyaman itu penting. Sepatu apapun, pendek atau tinggi asal nyaman, tidak masalah. Hanya saja, selama hamil  sepatu tinggi mungkin jangan dipakai dulu karena bisa memicu nyeri punggung dan kontraksi.
  • Menjaga kondisi tubuh. Renang, jalan santai, atau senam khusus hamil  bisa Ibu lakukan, untuk mengatasi nyeri punggung.
  • Hindari mengangkat beban yang berat. Saat kehamilan, Ibu sudah membawa bayi dalam perut Ibu. Hindari membawa beban berat yang akan memberi tekanan tambahan pada tubuh Ibu. Jika  harus mengambil sesuatu di bawah, jangan lupa tekuk lutut Ibu dan bertumpu pada paha untuk  berdiri kembali. 
  • Stretching. Mungkin kita sering menyepelekan aktivitas stretching atau peregangan, padahal stretching dapat membantu meringankan gejala nyeri punggung saat hamil.

Mom juga bisa Yoga untuk mengurangi rasa sakitnya. Yuk simak caranya di video yang diperagakan oleh Bidan Mila berikut ini: