Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sendiri memang penting untuk dipahami, tujuannya untuk menjaga rasa nyaman ibu hamil agar tetap bisa beristirahat dengan sangat nyaman. Dan tentu saja untuk membantu janin dalam kandungan dalam kondisi aman. 

Pasalnya, tidur adalah cara yang terbaik agar tidak menganggu tumbuh kembang otak janin di dalam kandungan ibu. Nah, untuk itu posisi yang baik untuk ibu juga akan berpengaruhi pertumbuhan dan kesehatan bayi dalam kandungan. Berikut adalah beberapa posisi tidur yang terbaik untuk dipraktekkan oleh ibu hamil diantaranya:

Posisi Tengkurap

Posisi tidur yang diperbolehkan untuk ibu hamil usia mencapai minggu 16 -18 adalah tengkurap. Dalam posisi ini, ibu hamil tak perlu khawatir janin terjepit, karena dinding rahim dan cairan ketuban sebenarnya masih bisa melindungi bayi dalam rahim sehingga tidak akan terjepit. 

Posisi Terlentang

Banyak para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk bisa menghindari posisi terlentang selama trimester kedua dan tiga. Pasalnya, pada posisi ini akan membuat seluruh berat rahim dan bayi bertumpu pada punggung dan bagian tubuh lainnya. 

Untuk itu, tidur telentang akan sangat baik dan aman jika dilakukan oleh ibu hamil ketika masuk usia kehamilan trimester pertama. Namun dengan catatan jangan terlalu sering tidur terlentang karena akan menyebabkan masalah kehamilan. Pada saat tidur terlentang telakkan bantal di bagian punggung tubuh. 

Tidur Menyamping ke Kiri/Kanan

Tidur menyamping ke kiri atau kanan adalah salah satu Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil paling ideal dan paling direkomendasikan oleh para ahli. Tidur pada posisi ini baik selama trimester kedua dan ketika karena baik untuk kesehatan janin. Posisi ini memungkinkan darah mengalir dan memberikan nutrisi yang maksimal masuk ke plasenta. Artinya, akan lebih sedikit sekali tekanan pada vena casa. 

Menggunakan Banyak Bantal

Menggunakan bantal yang lembut, menjadi salah satu kunci dari kenyamanan seseorang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Sehingga, untuk ibu hamil maka akan terasa sangat nyaman ketika bisa tidur dengan banyak bantal dengan mengaturnya di posisi yang baik dan membuat ibu hamil nyaman. 

Selain itu, disarankan juga untuk menyilangkan satu kaki diatas kaki lainnya dan meletakkan kaki satu di bantal maka ini akan membuat posisi yang jauh lebih nyaman pada ibu hamil. 

Menggunakan Bantal Khusus Kehamilan

Untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih ekstra, maka ibu hamil bisa menggunakan bantal khusus kehamilan yang cukup tinggi. Saat ini ada banyak bantal khusus hamil yang tersedia di toko online atau offline.  Posisi ini bisa membuat ibu hamil menjadi nyaman, selain itu Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ini juga baik untuk janin dalam kandungan karena bisa beristirahat dengan nyaman saat akan tidur.

Baca Juga : Bisakah Tidur Telentang Saat Kehamilan? Cek Risikonya