Makan snack atau  camilan sehat selama kehamilan penting, Moms. Karena Moms dan calon dedek bayi membutuhkan banyak energi dan nutrisi. Makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering juga akan membantu mengatasi mual, mulas, dan asam lambung meningkat. Kondisi yang sangat riskan bila Moms berada dalam perjalanan yang panjang. 

Bagi Moms hamil yang merencanakan ke luar kota di akhir tahun, berikut ini beberapa makanan ringan yang bisa Moms bawa sebagai bekal di perjalanan : 

Camilan yang tidak perlu dimasak

Jika Moms terburu-buru dan tidak punya waktu untuk memasak, camilan bergizi dan tidak perlu dimasak ini adalah pilihan terbaik:

  • Kacang-kacangan. Kacang sangat bagus untuk meningkatkan tingkat energi yang menurun. Camilan kacang mete untuk zat besi atau almond baik pula untuk menjaga kalsium bagi kesehatan tulang dan gigi Moms dan si kecil.
  • Biji-bijian. Seperti biji dari buah labu, muskmelon dan biji bunga matahari kaya protein dan zinc. Untuk membuatnya, Moms bisa mengeringkan, lalu memanggang biji ini dalam oven.  Atau Moms  juga bisa menggorengnya dengan sekitar 1 sendok teh minyak Samin atau minyak lainya dengan sedikit garam dan lada hitam.
  • Buah segar. Camilam yang kaya serat dan nutrisi. Untuk kehamilam yang sehat, cobalah makan lima porsi buah dalam sehari. Buah jeruk memiliki vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Moms juga dapat mengonsumsi buah utuh lainnya, seperti apel, pir, pisang, mangga atau anggur  kapan saja sepanjang hari.
  • Buah kering. Seperti buah ara dan aprikot akan memberikan zat besi, serat dan kalsium. Kismis, gooseberry kering, dan mangga kering sangat bagus untuk meningkatkan energi dengan cepat.
  • Roti. Roti dan  croissant adalah pilihan yang mudah.  Roti ini  bisa menjadi pilihan sehat tergantung dari topping atau isian yang dipilih. Misalnya Moms memilih roti dari gandum utuh yang dibuat dengan tambahan kacang-kacangan, biji-bijian dan pemanis dari buah kering. Atau makan sandwich yang disi sayur, telur, dan keju.
  • Yogurt dan keju. Keduanya adalah sumber kalsium yang sangat baik. Yogurt kemasan hadir dalam banyak rasa. Saat membeli selalu cek tanggal kadaluwarsa dan pastikan kemasannya tidak rusak.
  • Kacang rubah atau makhana. Disebut juga biji teratai. Merupakan camilan kaya protein dan nutrisi penting, Moms bisa memanggangnya hingga garing atau menggorengnya dengan sekitar 1 sendok teh butter atau minyak samin yang ditambah sedikit minyak goreng dan dibumbui sedikit garam dan lada hitam. 

Makanan ringan kantor yang dimasak

Jika Moms memiliki waktu untuk memasak sebelum pergi, cobalah membawa salah satu dari ini:

  • Telur. Telur rebus adalah makanan ringan yang mudah dibawa dan sumber protein yang sangat baik. 
  • Sandwich. Baik dipanggang atau tidak, roti apit bisa memberikan energi bagi Moms yang sedang hamil. Pilih sandwich dengan roti gandum daripada roti putih. Roti ini akan membuat Moms kenyang lebih lama. Tambahkan isian seperti dari keju,  kecambah, telur, sayuran cincang atau rebus untuk membuat sandwich yang lezat.  
  • Sup. Buat sup ayam atau sayuran campuran favorit. Moms bisa membawa sup dengan dimasukkan ke dalam termos agar tetap hangat.  Moms bisa makan sup di dalam mobil atau di tempat peristirahatan. 
  • Salad. Tambahkan daging tanpa lemak, kacang merah matang atau kecambah untuk membuat salad Moms lebih mengenyangkan.
  • Jagung. Biji jagung kukus atau jagung rebus dengan taburan air jeruk nipis dan merica akan memberi rasa enak sekaligus berenergi selama dalam perjalanan. Selamat berlibur, Moms.

Baca Juga :Buat Sendiri Snack Padat Gizi