Bagi sebagian pasangan menikah, kehamilan merupakan peristiwa penting yang sangat ditunggu.  Karena itu, tidak heran jika mereka sangat menantikan tanda-tanda kehamilan yang terjadi. 

Selama ini diyakini bahwa tanda kehamilan itu berupa keterlambatan jadwal menstruasi atau mual muntah. Padahal, tanda awal kehamilan tidak selalu disertai dengan mual dan muntah. Tetapi kehamilan umumnya ditandai dengan keterlambatan jadwal haid. 

Nah, selain keterlambatan jadwal,  maka apalagi sih tanda-tanda kehamilan ? Berikut adalah rangkuman beberapa tanda-tanda kehamilan yang bisa Moms kenali :

Terlambat haid 

Seperti yang sudah dibahas di atas salah satu tanda kehamilan yang paling khas adalah terlambat haid. Ketika Moms hamil,  maka tubuh akan mengeluarkan hormon HCG (human chorionic gonadotropin). Hormon ini biasanya ditemukan jika Moms melakukan test pack pada usia kandungan 4-11 minggu. HCG bertugas memberitahu tubuh untuk berhenti memproduksi sel telur matang selama kehamilan. Sehingga pada saat kehamilan tidak terjadi proses menstruasi.

Merasa lelah 

Sebagian Moms hamil pada trimester awal atau akhir akan merasakan lelah. Gejala ini diakibatkan oleh aktifnya hormon progesteron dalam kehamilan. Untuk mengatasinya  Moms bisa beristirahat lebih banyak ketika merasa lelah. 

Bercak darah atau flek pada awal kehamilan

Hal ini bisa dirasakan oleh sebagian Moms hamil dan ada pula sebagian yang tidak merasakan hal ini. Bercak darah yang ditemukan pada awal kehamilan biasanya disebabkan oleh implantasi janin ke dinding rahim. Umumnya bercak darah yang dikeluarkan berwarna pink atau kecoklatan. Bercak darah seperti ini normalnya tidak berlangsung lama dan tidak memerlukan tindakan medis kecuali bercak darah yang disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut tak tertahankan. 

Lebih sering berkemih

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yakni perubahan hormon, kenaikan volume darah yang disaring oleh ginjal hingga pembesaran uterus atau rahim yang menekan kandung kemih. 

Mual muntah dan pusing 

Gejala kelima ini menjadi salah satu gejala umum yang dirasakan sebagian besar Moms yang sedang hamil walaupun mual muntah bukan tanda pasti kehamilan. Mual muntah umumnya disebabkan oleh meningkatnya hormon HCG di awal kehamilan. Banyak Moms yang mengeluh mengalami penurunan berat badan di awal kehamilan karena disebabkan oleh kondisi ini. Tip mengatasi kondisi ini adalah Moms bisa mengkonsumsi makanan sedikit tapi sering, Hindari pencetus mual muntah yang Moms alami. Jika gejala memburuk Moms bisa berkonsultasi pada dokter.