Waktu perkiraan persalinan sudah semakin dekat, tapi kok kontraksi tak kunjung datang juga, ya? Jika sudah demikian, para calon Moms pasti khawatir. Tak perlu terburu-buru, Moms. Pahamilah bahwa janin dalam kandungan sudah memiliki waktunya sendiri untuk mulai aktif bergerak dan menuju jalan lahir. 

Namun,  apabila Moms ingin supaya kontraksi bisa segera datang, ada beberapa tip induksi alami yang bisa Moms lakukan juga di rumah. Induksi alami ini bisa berupa aktivitas maupun makanan, lho. Apa saja tip induksi alami untuk mempercepat kelahiran normal?  Berikut ini beberapa di antaranya : 

Gunakan birthing ball 

Birthing ball adalah sebuah bola besar yang membal dan biasanya terbuat dari bahan karet. Bola ini sama seperti bola yang biasa digunakan untuk latihan pilates. Saat menggunakan bola ini, upayakan agar postur punggung berada dalam posisi yang tegak sempurna dan jangan membungkuk. Penggunaan birthing ball dapat mengurangi risiko terjadinya nyeri punggung dan mengurangi sensasi nyeri saat kontraksi mulai datang. Apabila posisi janin belum berada di tempat yang seharusnya, duduk dan memutar pinggul di atas birthing ball dapat membantu memindahkan janin ke posisi yang tepat, sehingga proses persalinan pun akan berjalan lebih mudah. 

Akupresur 

Selain bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi mual di pagi hari serta membantu menghentikan perdarahan pada bulan-bulan awal kehamilan, pijat akupresur juga dapat menjadi induksi alami. Namun sebelum melakukan pijat akupresur, pastikan aktivitas ini dilakukan oleh tenaga pijat yang berpengalaman menangani Mos hamil, ya.

Stimulasi puting 

Stimulasi puting dan payudara juga menjadi salah satu induksi alami yang bisa dilakukan supaya kontraksi cepat datang. Bahkan cara ini disebut-sebut menjadi cara yang paling efektif dan bisa dilakukan sendirian. 

Makan pisang dan kurma 

Pisang juga menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk ‘memancing’ kontraksi alami, Moms. Buah yang manis legit ini mengandung tinggi kalium, yang sangat penting dalam proses kontraksi otot. 

Berhubungan seks dan orgasme 

Berhubungan seks saat memasuki kehamilan trimester ketiga memang terasa lebih sulit, tetapi ada beberapa manfaat yang bisa didapat. Salah satunya sebagai induksi alami. Faktanya, aktivitas seks dapat mendorong pelepasan hormon oksitosin, yakni hormon yang diperlukan untuk memulai persalinan dan kontraksi. 

Berenang 

Aktivitas seru lainnya yang juga bisa menjadi induksi alami adalah berenang. Berenang bisa dilakukan secara santai dan menyenangkan. Adanya tekanan lembut dari air saat Moms berenang dapat membantu membuat bayi lebih mudah bergerak di dalam rahim. Apabila seluruh induksi alami ini sudah dilakukan dan semakin dekat perkiraan persalinan kontraksi tak kunjung datang juga, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya, Moms!