Semarak hari raya kurban biasanya banyak diisi oleh makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti gulai daging dan opor. Walaupun kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan timbulnya plak yang bisa menyumbat pembuluh darah. 

Nah, untuk Moms yang khawatir dengan kadar kolesterol dalam darahnya setelah kalap di lebaran haji ini, bisa mencoba rutin konsumsi makanan penurun kolesterol agar kadarnya seimbang lagi. Apa saja daftar makanan tersebut? Mari disimak bersama.

Oat 

Walaupun banyak orang yang sering tertukar, tanaman oat (Avena sativa) bukanlah tanaman gandum meskipun keduanya sama-sama tanaman serealia. Oat memiliki kulit ari dan bakal biji yang membuatnya memiliki kandungan serat larut yang tinggi. Satu mangkuk oat mengandung 1-2 gr serat larut. Serat larut dapat mengikat kolesterol dan prekursornya di sistem pencernaan dan menarik mereka keluar dari tubuh sebelum masuk ke peredaran darah. Makanya, semangkuk oat yang ditambahkan buah–buahan seperti pisang atau stroberi dapat menjadi makanan penurun kolesterol yang baik. 

Kacang-kacangan terutama dari tumbuhan polong-polongan seperti kacang polong, kedelai, dan kacang merah kaya akan serat larut. Mereka juga butuh waktu lama untuk dicerna tubuh sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, ada banyak studi yang menunjukkan konsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang tanah, dan kacang lain baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi 2 ons kacang per hari dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 5%. 

Buah-buahan kaya pektin 

Apel, anggur, stroberi, dan buah-buahan citrus kaya akan pektin, salah satu tipe serat larut yang bisa membantu menurunkan LDL. 

Ikan Berlemak 

Ikan berlemak kaya asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan kadar trigliserida (salah satu jenis lemak di dalam darah), menurunkan tekanan darah, dan bisa mengurangi risiko penggumpalan darah. Walaupun omega 3 tidak bisa menurunkan kadar kolesterol LDL, tetapi karena baik untuk kesehatan jantung, Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan setidaknya konsumsi dua porsi ikan setiap minggu. Jika dirasa sulit memenuhi porsi ini, Moms bisa mempertimbangkan untuk suplementasi minyak ikan setelah diskusi dengan dokter. Itu dia beberapa pilihan makanan penurun kolesterol yang bisa dijadikan penyeimbang pesta lemak saat hari raya Idul Adha kemarin. Adakah yang sudah Moms coba?