Mencuci tangan merupakan salah satu prokes kesehatan yang harus diikuti untuk mengendalikan penyebaran penyakit, dalam hal ini virus Corona. Anjuran pemerintah ini juga sejalan dengan  himbauan  dari World Health Organization(WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC). 

Namun, mencuci tangan itu bukan asal mencuci tangan, lho Moms. Ada step by step yang perlu Moms ikuti dan ajarkan kepada si Kecil. 

Mengapa tangan yang menjadi perhatian? 

Karena tangan adalah jalan masuk virus ke tubuh, Moms. Mencuci tangan memakai sabun terbukti efektif mencegah penularan virus Corona.  Tangan yang bersih setelah dicuci memakai  sabun ternyata dapat mengurangi risiko masuknya virus ke dalam tubuh, antara lain karena: 

  • Tanpa disadari, kita sering menyentuh mata, hidung, dan mulut sehingga dapat menyebabkan virus masuk ke dalam tubuh. Dengan tangan yang bersih setelah memakai sabun, kebiasaan ini membuat Moms dan keluarga aman dari paparan virus yang tidak sengaja.
  • Virus Corona dari tangan yang tidak dicuci dapat berpindah ke benda lain atau permukaan yang sering disentuh, seperti pegangan tangga atau eskalator, gagang pintu, permukaan meja, atau mainan, sehingga menimbulkan risiko penyebaran virus kepada orang lain. Nah, bila setiap orang yang ingin masuk ke rumah  atau kantor sudah membersihkan tangannya dengan sabun, maka penularan tidak terjadi.

Cara mencuci tangan yang benar

Mencuci tangan dengan benar mesti dilakukan dengan menggunakan sabun dan air bersih mengalir selama 20 – 40 detik. Bila tidak ada keran, jangan khawatir. Moms  bisa menggunakan timba atau wadah lain untuk mengalirkan air.

Mengapa harus dengan sabun? Karena mencuci tangan dengan air saja tidaklah cukup untuk mematikan kuman penyebab penyakit.  Berikut step by step mencuci tangan yang harus Moms lakukan:

  1. Basahi tangan terlebih dulu dengan air bersih. 
  2. Gunakan sabun pada tangan secukupnya. 
  3. Kemudian, gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya. 
  4. Berikutnya, gosok punggung tangan dan sela jari. 
  5. Gosok pula telapak tangan dan sela jari dengan posisi saling bertautan. 
  6. Lalu, gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
  7. Setelahnya, genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar. 
  8. Kemudian, gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun. 
  9. Terakhir, gosok tangan yang sudah semuanya bersabun ini dengan air bersih mengalir. 
  10. Setelah tidak terasa licin, baru keringkan tangan dengan lap sekali pakai atau tisu.
  11. Bersihkan pemutar keran air dengan lap sekali pakai atau tisu.

Waktu wajib cuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebenarnya bukanlah kebiasaan yang baru dianjurkan karena adanya pandemi COVID. Mencuci tangan dengan sabun ini merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Bahkan agama juga mengajarkannya. 

Tangan merupakan media yang rentan untuk berpindahnya penyakit, karena tangan digunakan untuk memegang benda-benda yang seringkali tidak kita ketahui dengan pasti kebersihannya. “Waduh, kalau terus-menerus mencuci tangan bisa membuat kulit kering,” mungkin ini salah satu keluhan Moms. 

Untuk menjadi pengingat Moms dan keluarga, setidaknya pada kondisi/waktu berikutini yang wajib melakukan cuci tangan yang bersih dengan sabun: 

  • Sebelum makan 
  • Sesudah buang air besar dan menggunakan toilet 
  • Sebelum memegang bayi
  • Sesudah mengganti popok, menceboki / membersihkan anak yang telah menggunakan toilet 
  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan 

Khusus selama masa pandemi ini, Moms dan keluarga juga wajib melakukan cuci tangan dengan air bersih dan sabun pada aktivitas ini: 

  • Setelah bersin dan batuk
  • Sebelum menyentuh mata, hidung, atau mulut 
  • Setelah menyentuh permukaan benda termasuk gagang pintu, meja, dll
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sedang muntah atau diare
  • Sebelum dan sesudah merawat luka
  • Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan 
  • Setelah menyentuh sampah
  • Sebelum dan sesudah mengunjungi teman, keluarga, atau kerabat yang di rumah sakit atau panti jompo
  •  Jika tangan Moms terlihat kotor atau berminyak

Jadi, jangan lupa rajin mencuci tangan ya, Moms. Lagi pula, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir adalah cara yang paling hemat biaya untuk melindungi diri kita dari penyakit menular, termasuk COVID-19. Tidak harus sabun cair, Moms juga bisa menyediakan sabun batang yang harganya lebih murah.