Sebenarnya tanpa MSG pun makanan buatan Moms itu tetap terasa enak. Apalagi jika Moms sudah menggunakan bahan makanan yang segar dan berkualitas. Namun, bila Moms masih tidak yakin, coba Moms gunakan alternatif pengganti MSG untuk mendapatkan makanan yang umami, meski tanpa MSG. 

1. Kaldu sapi

Kaldu sapi disebut sebagai pengganti MSG terbaik untuk membumbui makanan. Kaldu sapi juga menambah intensitas rasa yang diberikan oleh bahan-bahan lain. Saat ini tersedia kaldu sapi dalam bentuk bubuk atau cube. Namun, bila Moms cek bahan pembuatnya biasanya juga salah satunya memasukkan MSG.

Jadi, bila Moms benar-benar ingin menghindarkan MSG, sebaiknya buatlah kaldu sapi sendiri di rumah. Buat dalam ukuran banyak dan simpan di dalam kulkas. 

2. Kecap asin

Kecap dapat menambah rasa pada semua jenis makanan mulai dari masakan yang dimasak hingga salad dan makanan khas dingin lainnya. Rasa umami dari saus ini pasti akan membuat masakan Moms terasa lebih enak. 

Perlu diingat bahwa kecap biasanya memiliki konsentrasi garam yang tinggi. Jadi jangan berlebihan memakainya. Kecap cocok untuk pengganti MSG untuk sup, semur dan masakan Asia.

3. Keju parmesan

Fermentasi keju ini menjadi alternatif bagus untuk MSG dan lebih sehat. Keju parmesan akan memberi ledakan rasa untuk akan masakan Italia seperti pizza atau pasta. Selain itu, juga salad, omelet, dan sup atau semur.

4. Keju cheddar

Mirip dengan keju parmesan, keju cheddar bisa menjadi pengganti MSG yang bagus. Semakin tua usianya, keju ini  akan terasa lebih enak. Dengan tekstur yang padat, keju cheddar bisa memberikan rasa gurih untuk banyak hidangan dan kue.  

Namun, Moms perlu berhati-hati dengan bumbu tabur keju cheddar. Cek kandungan dan kualitas pabrik pembuatnya. Bumbu tabur keju cheddar itu ada yang mengandung MSG dan ada yang Non-MSG.

5. Dulse

Merupakan salah satu jenis rumput laut dengan rasa asin yang dapat menggantikan MSG dengan sangat baik untuk masakan Asia dan banyak resep lainnya, kecuali untuk makanan penutup. Dulse ini akan memberikan sedikit rasa laut.  Jadi jangan tambahkan cukupnya seperti Moms menambahkan bubuk kaldu penguat rasa. Ini agar rasa laut itu tidak terasa kuat, Moms.

6. Ekstrak ragi

Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat roti, tetapi Moms dapat menggunakannya dalam sup, semur, dan bahkan saus. Ekstrak ragi ini memiliki rasa netral, akan meningkatkan semua rasa bahan lainnya.

7. Jamur

Beberapa jamur dapat meningkatkan rasa makanan. Karenanya, jamur banyak dipakai dalam meningkatkan rasa sejak dulu. Jamur terbaik untuk menggantikan MSG adalah jamur Shiitake. Jamur ini memiliki konsentrasi glutamat tinggi yang mampu melezatkan makanan.  Jadi jangan ragu menambahkan jamur untuk sup, sop, pasta atau makanan lain favorit Moms.  

8. Ikan Teri

Atau jenis Anchovy dapat  menghadirkan rasa umami pada masakan Moms. Namun, berhati-hatilah dalam jumlah pemakaiannya, karena beberapa ikan teri itu sangat asin. Dianjurkan untuk melewatkan garam sama sekali jika Moms menambahkan ikan teri.

9. Garam

Kok garam pengganti MSG sih? Tapi memang garam bisa meningkatkan rasa untuk semua resep, termasuk resep makanan manis.  Untuk pengganti MSG pada masakan gurih, kemungkinan Mom perlu menambah sedikit garam ini dari takaran garam biasanya. 

10. Saus tiram

Mungkin tidak semua orang menyukai saus tiram. Namun, saus ini bisa menguatkan rasa untuk nasi goreng, tumis sayuran, semur, dan banyak makanan Asia. Gunakan sesuai selera. Pastikan Moms memilih saus tiram dari produk terpercaya, dan tidak mengandung MSG. 

11. Flavored oil

Beberapa minyak memiliki aroma dan rasa khas yang bisa memberikan rasa umami di lidah kita. Moms dapat menggunakan minyak bunga matahari, minyak wijen, atau jenis minyak lainnya dan Anda tidak akan menyesalinya. 

Minyak dengan rasa Moms buat sendiri. Misalnya membuat minyak beraroma bawang putih, bawang merah atau cabai. Cara membuatnya cukup mudah. Untuk minyak bawang putih, tinggal Moms iris-iris bawang putih dalam jumlah yang banyak. Lalu goreng di dalam minyak sayur yang banyak hingga bawang putih berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan bawang putihnya. Minyak beraroma bawang putih pun siap dipakai. Dan, bawang putih goreng bisa dipakai sebagai taburan di hidangan.

12. Rempah-rempah

Indonesia merupakan yang kaya dengan beragam rempah-rempah, seperti pala, kemiri, jintan,  cengkeh, ketumbar, kapulaga dan sebagainya. Campuran rempah-rempah ini bisa menjadi masakan lezat tanpa memakai MSG. Moms bisa memakainya untuk semur, gulai, sop, sup, salad dan sebagainya. 

Baca Juga :Alternatif Bahan Pengganti Garam