Pernah tidak sih, Moms bertanya-tanya pada diri sendiri apakah Moms telah menggunakan pakaian dalam dengan benar? Walaupun bagian dari rutinitas sehari-hari, bukan tidak mungkin seseorang melakukan kesalahan saat menggunakan celana dalam. Nah, kira-kira apa saja kesalahan dalam penggunaan celana dalam tersebut? Mari kita simak bersama ulasannya. 

Menggunakan bahan sintetis 

Meskipun kebanyakan celana dalam yang cantik dan manis menggunakan bahan sintetis, sebenarnya bahan sintetis seperti nilon atau spandek tidak baik untuk kesehatan vulva dalam jangka panjang, Moms. Pasalnya bahan ini tidak hanya panas, tetapi juga pengap, sehingga memerangkap panas dan kelembapan yang bisa memicu infeksi jamur. Sebaiknya Moms memilih bahan yang alami, terutama katun. Bahan katun lembut dan tidak panas, cocok untuk area vulva yang sensitif. Serat alami lain yang bisa Moms pilih contohnya adalah serat bambu yang juga mengandung anti bakteri alami sehingga bisa mencegah bau tidak sedap. 

Tidak mengganti setiap Hari 

Sesibuk apa pun Moms, pastikan untuk selalu mengganti pakaian dalam setiap hari dengan pakaian dalam bersih. Jangan pernah menggunakan pakaian dalam yang sama dua kali tanpa mencucinya terlebih dahulu. Hal ini bisa memicu infeksi yang menyebabkan vagina mengeluarkan bau dan cairan abnormal. 

Menggunakan ukuran yang tidak pas 

Pakaian dalam yang terlalu sempit akan mengakibatkan kelembapan tinggi dan panas yang tidak bisa keluar dari area vulva. Gesekan antara kulit dan kain yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit, terutama pada wanita menopause yang kulit vaginanya menipis. 

Menggunakan detergen yang keras 

Pakaian dalam dikenakan pada organ intim yang sensitif. Makanya, tidak disarankan untuk menggunakan detergen yang keras untuk mencuci pakaian dalam. Selain bisa merusak pakaian dalam, sisa-sisa sabun pada kain bisa mengiritasi vulva yang nantinya bisa membuat Moms gatal-gatal hingga reaksi alergi. Untuk itu, gunakan detergen yang hypoallergenic atau berbahan natural dan sebaiknya dicuci terpisah dengan pakaian lainnya. 

Nah itu dia beberapa kesalahan yang umum dilakukan orang saat menggunakan celana dalam. Apakah ada di antara kesalahan di atas yang pernah Moms lakukan?