Kulkas adalah salah satu alat elektronik di rumah yang harus rutin dibersihkan. Kenapa? Karena kebersihan kulkas akan berhubungan langsung dengan keamanan pangan yang Moms olah di rumah. Kulkas yang kotor akan menjadi tempat berkembang biak berbagai mikroba yang bisa mengontaminasi makanan yang kita simpan di dalamnya. 

Nah, membersihkan kulkas juga ada tekniknya Moms. Mau tahu? Yuk, kita simak 5 langkah membersihkan kulkas menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) berikut ini: 

Buang Segera Barang-Barang yang Ditarik dan Kedaluwarsa 

Akhir-akhir ini Moms pasti sering mendengar berita tentang beberapa makanan kemasan yang ditarik dari pasaran karena mengandung mikroba penyebab keracunan. Nah, hal pertama yang harus Moms lakukan saat membersihkan kulkas adalah mengeluarkan makanan-makanan tersebut dan membuangnya. Pastikan juga Moms membuang makanan lain yang bersentuhan dengan makanan tersebut atau disimpan dalam wadah yang sama. Selain makanan-makanan yang ditarik, buang juga makanan-makanan kedaluwarsa. 

Kosongkan Kulkas 

Kosongkan kulkas dan copot rak-rak yang bisa dilepas. Moms bisa taruh isi kulkas di atas meja, dan pastikan tidak lebih dari 2 jam untuk makanan-makanan yang memang harus disimpan dalam lemari pendingin. 

Cuci Rak Kulkas 

Cuci semua rak dan komponen kulkas yang bisa dilepas dengan air hangat dan sabun. Jangan lupa dikeringkan dengan menggunakan kain lap bersih. Untuk rak kaca, jangan langsung disiram dengan air panas ya Moms, nanti bisa pecah. Tunggu dulu suhunya hingga menjadi suhu ruangan. 

Bersihkan Bagian Dalam Kulkas 

Seka bagian-bagian dalam kulkas dengan air hangat dan sabun, laku seka kembali dengan air bersih untuk membilasnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian pintu dan rak-rak yang tidak bisa dilepas. Moms juga bisa menyeka dengan menggunakan cairan desinfektan sebagai langkah tambahan setelah langkah air hangat dan sabun. 

Pasang Kembali Rak dan Susun Isi Kulkas 

Setelah selesai dibersihkan, pasang semua rak yang sudah bersih, dan susun kembali makanan-makanan yang tadi dikeluarkan. Jangan lupa seka wadah-wadah makanan dengan air hangat dan sabun lalu membilasnya sebelum mengembalikannya ke dalam kulkas. 

Nah itu dia 5 langkah membersihkan kulkas agar bebas dari kuman jahat, Moms! Setelah bersih-bersih, tak lupa cuci tangan dan semua alat yang digunakan untuk membersihkan kulkas, ya! Selamat bersih-bersih!