Moms, saat memasak, tentunya Moms tidak pernah lupa untuk mencuci terlebih dahulu bahan-bahannya demi menjaga kebersihan makanan yang dihasilkan. Apa yang Moms lakukan itu sudah benar. Tapi tahukah Moms? Ada beberapa bahan makanan yang tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Alasannya karena bisa merusak tekstur dan  ada pula yang berbahaya bagi kesehatan. 

Bahan makanan apa saja yang tidak perlu dibersihkan terlebih dahulu? Cek ya, Moms.

Ayam dan bermacam unggas 

Kebanyakan orang berpikir mencuci ayam mentah dan jenis unggas lainnya seperti bebek atau burung sebelum dimasak, akan membantu membersihkannya dari bakteri dan mencegah penyakit bawaan dari hewan tersebut. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Mencuci ayam atau unggas justru akan membuat bakteri menyebar ke semua permukaan bahan makanan. Cara terbaik adalah membilasnya dengan air panas atau merebusnya sehingga bakteri akan hilang.

Daging mentah 

Sama dengan ayam dan unggas, daging juga sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak untuk mencegah bakteri tidak menyebar. Selain itu, saat mencuci daging, lantai atau alat dapur lainnya bisa terkena cipratan air yang bisa menimbulkan bakteri lain di tempat tersebut. Untuk menghindari bakteri menyebar, cukup rebus daging dengan air panas beberapa saat.

Ikan mentah 

Seperti halnya unggas dan daging mentah, hindari mencuci ikan mentah untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri di sekitar dapur. Sebaiknya saat membeli ikan mentah, minta penjualnya untuk membersihkannya juga. Cara terbaik membersihkan ikan adalah dengan memberikan perasan jeruk nipis di ikan agar bau amis dan bakteri yang terkandung di dalamnya hilang. 

Telur 

Mencuci telur juga tidak direkomendasikan sebelum dimasak karena bisa meningkatkan risiko kontaminasi silang. Teknik membersihkan telur yang benar adalah dengan melap cangkangnya dengan kertas yang dilapisi dengan minyak, sehingga telur tidak perlu dicuci lagi. 

Spageti dan sejenis pasta lainnya 

Jangan mencuci pasta sebelum dimasak, tetapi langsung direbus saja, karena pati alami dalam semua jenis pasta harus dipertahankan. Pati dari air rebusan pasta justru membantu saus bisa menempel pada mie, sehingga akan menghasilkan saus kental dan lezat yang melapisi pasta dengan sempurna.

Jamur 

Jika jamur dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, maka akan membuat jamur  lembap  sehingga kondisi jamur cepat membusuk. Selain itu, jika dicuci, maka akan sulit untuk mendapatkan tekstur renyah saat menumisnya. Tekstur pada jamur sama pentingnya dengan rasa. Sebaiknya keringkan jamur dengan menggunakan sikat. Namun, jika ingin tetap mencucinya, gunakan sedikit air agar jamur tidak rusak. 

Bagaimana Moms? Apakah Moms masih sering mencuci makanan tersebut? Mulai sekarang hindari mencuci bahan makanan demi menjaga kesehatan ya, Moms.