Garam adalah salah satu bumbu penyedap yang selalu Moms gunakan dalam memasak. Namun, beberapa kondisi kesehatan mengharuskan kita untuk menggunakan sedikit garam atau malah tidak sama sekali. Begitu pula untuk MPASI, WHO tidak menyarankan penambahan gula dan garam pada makanan pendamping ASI. 

Tapi tidak perlu bingung Moms, walaupun tanpa garam, ada banyak alternatif yang bisa Moms gunakan agar masakan rumahan tetap lezat dan gurih. Apa saja bahan-bahan pengganti garam tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Bawang putih 

Selain mengandung antibiotik alami, bawang putih juga adalah penyedap rasa yang bisa membuat masakan gurih tanpa meningkatkan kandungan sodiumnya. Contohnya saja, saat memasak saus tomat, Moms bisa mengurangi garam dan menggandakan takaran bawang putihnya untuk mendapatkan rasa gurih. Bawang putih juga lezat untuk masakan tumis ataupun berkuah. Tanaman yang satu ini juga bisa meningkatkan imunitas tubuh lho, Moms! 

Jus Lemon 

Buah golongan citrus ini bisa jadi bahan pengganti garam dalam beberapa resep masakan ternyata Moms. Sebagai salah satu sumber rasa asam, jus lemon bisa memperkuat rasa makanan. Moms bisa memercikkan jus lemon pada sayuran atau untuk memarinasi daging-dagingan atau ikan. 

Nutritional Yeast 

Bahan pengganti garam yang satu ini mungkin sedikit asing bagi Moms yang tidak familiar dengan resep-resep vegan. Nutritional yeast adalah bubuk jamur kering yang punya cita rasa mirip keju meskipun tidak mengandung susu. Bubuk penyedap satu ini mengandung serat beta-glucan yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah sehingga baik untuk kesehatan jantung. Nutritional yeast cocok digunakan di masakan-masakan seperti pasta atau popcorn. 

Coconut Aminos 

Coconut aminos merupakan hasil fermentasi nektar kelapa yang rasanya mirip kecap asin. Coconut aminos masih mengandung sodium, tapi jauh lebih rendah kadarnya dibanding garam biasa. Moms bisa menggunakan coconut aminos sebagai pengganti garam atau kecap asin pada masakan-masakan yang ditumis atau sebagai bumbu marinasi.

Bubuk Bombay 

Seperti bawang putih, bawang bombay memiliki kemampuan untuk meningkatkan rasa gurih masakan. Nah, bentuk sediaan bubuk bawang bombay memiliki tingkat rasa gurih yang lebih tinggi ketimbang bentuk segarnya, Moms! Jadi Moms bisa menggunakannya sebagai pengganti garam dalam masakan tumis, sup, saus, dan salsa. Rasa yang ditawarkan bubuk bombay ini manis dan sedikit rempah. 

Wah, ternyata ada banyak bahan pengganti garam ya, Moms. Ada yang merupakan favorit Moms di rumah?