Akhir-Akhir ini para Moms di Indonesia sedang kesulitan dalam mendapatkan salah satu bahan baku memasak yang nyaris harus selalu ada di dapur yakni minyak goreng. Berawal dari harga yang melambung tinggi sehingga disubsidi pemerintah, kini minyak goreng sulit ditemukan di pasaran. 

Banyak Moms yang bingung mengenai hilangnya minyak goreng yang berasal dari sawit ini, dari pasaran.  Betapa tidak, kebanyakan masyarakat  kita memang lebih akrab dengan minyak sawit untuk memasak dibandingkan minyak dari jenis lain. Di tengah langkanya minyak sawit sekarang ini, mungkin ada baiknya Moms mencoba alternatif minyak lain untuk memasak. Apa saja?

Minyak Kelapa 

Kelapa adalah buah sepanjang musim yang selalu tersedia di Indonesia. Dari zaman dahulu pun minyak dari buah kelapa sudah dipergunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Pulitzer center menyebutkan bahwa minyak kelapa menjadi salah satu kandidat terkuat dalam perannya mengganti minyak sawit. Minyak kelapa terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga baik untuk lingkungan. Minyak kelapa mudah didapatkan serta mengandung tinggi antioksidan untuk imun tubuh. 

Minyak Canola 

Minyak Canola mungkin belum terlalu terkenal dikarenakan minyak canola lebih sering dijumpai di supermarket kota besar. Berasal dari biji tanaman canola, minyak ini memiliki manfaat besar untuk kesehatan seperti tinggi omega-3. Minyak canola juga ramah pada jantung karena memiliki sedikit lemak jenuh. FDA mengizinkan pembuat minyak canola untuk memberi label produk mereka dengan klaim kesehatan yang memenuhi syarat bahwa ada bukti ilmiah "terbatas dan tidak meyakinkan" bahwa mengganti lemak jenuh dengan jumlah minyak canola yang sama dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak Kedelai 

Siapa yang baru tahu kalau kedelai bisa diolah menjadi minyak? Ternyata minyak kedelai ini sudah banyak digunakan di beberapa negara. Minyak kedelai bisa dipergunakan untuk menumis, memanggang hingga menggoreng. Minyak kedelai juga memiliki tingkat oksidasi lemak di atas 230°C. Angka tersebut relatif tinggi jika dibandingkan dengan jenis minyak lain, sehingga minyak ini aman jika ingin dipergunakan untuk memasak dengan suhu tinggi. Selain itu, minyak kedelai memiliki banyak manfaat lain. seperti, mengandung lemak baik hingga berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. 

Dari ketiga minyak di atas, Manakah yang akan menjadi pilihan Moms sebagai alternatif pengganti minyak sawit?