Penanak dan penghangat nasi listrik atau yang lebih sering disebut magic com atau magic jar adalah peralatan elektronik penting dalam kehidupan modern. Kepraktisan menanak dan menghangatkan nasi yang diberikan magic com membuatnya menjadi salah satu elektronik wajib yang dimiliki hampir di setiap rumah di Indonesia. 

Kondisi magic com yang terawat akan menghasilkan nasi yang hasilnya enak juga tahan lama, tidak cepat basi. Perawatan magic com juga akan membuatnya tidak cepat rusak. Nah, apa saja sih yang harus dilakukan untuk merawat magic com? Berikut catatannya. 

Rutin dibersihkan 

Salah satu penyebab nasi cepat basi adalah karena kontaminasi bakteri. Makanya kebersihan magic com adalah hal yang harus rutin dilakukan. Membersihkan magic com tidak cukup hanya bagian pancinya saja, melainkan harus semua bagiannya, tidak lupa pula meja tempatnya diletakkan. Saat membersihkan magic jar, pastikan tidak sedang tercolok ke listrik atau dalam kondisi panas ya, Moms. Keluarkan panci dan seka bagian dalam dan luar magic jar dengan lap basah, lalu dilanjutkan dengan lap kering. Copot juga bagian lempeng penutup dan katup uap air jika memungkinkan, untuk dicuci dengan air mengalir. Cuci juga penampung airnya. Keringkan semua bagian sebelum dipasang. Pembersihan bagian-bagian selain panci ini sebaiknya dilakukan minimal sekali per tiga minggu supaya tidak jadi sarang bakteri, Moms. 

Jangan cuci beras di pancinya 

Walaupun sekarang sudah banyak panci magic com yang menggunakan stainless steel, kebanyakan masih menggunakan lapisan anti lengket yang rentan terkelupas. Lapisan anti lengket ini akan lebih gampang tergores jika Moms mencuci beras di dalamnya. Makanya, sebaiknya Moms menghindari melakukan pencucian beras menggunakan panci rice cooker. 

Rutin buang air penampungan 

Di bagian samping samping magic com atau rice cooker biasanya ada wadah penampung air kecil yang berfungsi untuk menampung air yang berasal dari uap nasi. Air dalam wadah ini harus rutin dibersihkan agar tidak meleber ke mana-mana. 

Nah itu dia cara merawat magic com atau magic jar agar nasi tahan lama. Semoga bermanfaat, Moms!