Jika Moms belum berpikir untuk membersihkan springbed atau kasur pegas, coba bayangkan ini: Moms dan Dads menghabiskan setidaknya 6 - 8 jam di atasnya setiap malam. Nah, selama waktu itu, debu, sel kulit mati, keringat, dan minyak dari tubuh menempel dan terserap ke dalam kasur. Apa tandanya? Mom bisa lihat dari  noda atau pun bercak kuning. Moms mungkin juga sudah mengetahui pula kasur tempat tidur merupakan magnet bagi tungau debu. 

Jadi, meski Moms atau anggota keluarga lainnya menderita alergi atau tidak, ada baiknya 

menjaga tempat tidur tetap segar dan bebas debu, noda, dan bau. Berikut cara membersihkan kasur tempat tidur: 

Cara membersihkan kasur secara mendalam

  • Buang debunya. Cara termudah untuk menghilangkan debu adalah dengan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Sebaiknya lakukan ini setiap beberapa bulan atau lebih sering, terlebih  jika salah satu anggota keluarga menderita alergi.
  • Bersihkan bagian atas dan tiap sisi matras. Tekan alat dengan kuat untuk menghilangkan debu di bawah permukaan. 
  • Kemudian, gunakan nozzle debu yang bisa menjangkau alat celah-celah  jahitan matras.  Beberapa penyedot debu yang lebih baru kini hadir dengan alat yang bergetar terhadap kasur dan kain pelapis untuk menghilangkan debu dengan lebih baik.
  • Berikan sedikit uap. Jika memiliki seterika uap, coba semprotkan uap panas dari seterika ini sedekat mungkin ke permukaan matras (tanpa menyebabkan air uap seterika menetes). Uap yang menembus matras akan membunuh tungau debu yang bersembunyi di dekat permukaan. Selanjutnya, segera vakum untuk melepaskannya. 
  • Hapus noda. Jika hewan peliharaan tidur Moms biarkan untuk ikut bercengkrama  di tempat tidur atau Moms suka ngemil di area ini, maka kemungkinan kasur akan  memiliki noda. Cara termudah untuk menghilangkannya adalah dengan pembersih karpet dan jok mobil yang diformulasikan untuk menghilangkan noda hewan peliharaan, seperti bekas pipisnya dan noda makanan. Untuk menggunakannya:
  • Semprotkan sedikit cairan ini ke bagian noda. 
  • Lalu, gosokkan cairan ini  dari tepi luar ke tengah agar noda yang ada tidak malah menyebar. 
  • Saat noda hilang, bersihkan area tersebut dengan kain lembap untuk membilas dan menghilangkan semua sisa pembersih. 
  • Seka area tersebut dengan kain kering dan biarkan kasur benar-benar kering sebelum merapikan tempat tidur.
  • Cara lain, Moms bisa membeli semprotan pembersih noda kasur 

Cara menghilangkan noda kuning dari kasur 

Noda kuning di kasur kemungkinan disebabkan oleh keringat dan penumpukan minyak tubuh. Meskipun sulit untuk membasahi seluruh kasur, Moms dapat mencoba memutihkannya kembali dengan cara: 

  • Buat larutan campuran 50/50 (masing-masing satu cangkir) hidrogen peroksida dan air hangat, ditambah 1/4 sendok teh cairan pencuci piring:
  • Tuangkan larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke permukaan kasur yang berwarna kekuningan itu. 
  • Sikat lembut dengan memakai kain atau handuk kecil, dan biarkan sekitar 30 menit.
  • Semprotkan air bersih untuk membilasnya. Bersihkan dengan baik untuk menghilangkan semua sisa pembersih, dan biarkan hingga benar-benar kering.
  • Untuk noda yang sulit, ulangi atau tambahkan sedikit hidrogen peroksida ke dalam larutan.

Cara menghilangkan bau dari kasur 

Bau lembap paling sering terasa dari kasur. Terlebih jiak sehari-harinya kurang terkena panas matahari. Coba cara cepat dan mudah untuk menyegarkan kasur pegas dengan ini:  

  1. Untuk menghilangkan bau, sekaligus membersihkan kasur, coba taburkan beberapa baking soda ke atas permukaan kasur.
  2. Sikat perlahan, tunggu 15 hingga 30 menit
  3. Baru kemudian Moms lakukan vakum hingga tuntas.
  4. Cara lain, semprotan pembersih dan pembunuh bakteri penyebab bau. Sekarang banyak dijual di toko alat perlengkapan rumah, atau membeli lewat toko online.  

Baca Juga  :Tips Membersihkan Wastafel Stainless