Mengatur kamar tidur dengan fengshui yang baik dipercaya dapat  memperkuat ikatan antara Moms dan Dads. Kamar ini juga menarik aliran kasih cinta. 

Selain ada beberapa hal yang  harus dilakukan untuk fengshui kamar tidur. Moms juga perlu menghindarkan beberapa hal yang bisa membunuh Chi (aliran energi positif) atau memberikan negatif. Sehingga mengganggu kenyamanan ‘sarang’ Moms dan Dads untuk bercinta dan beristirahat.

1. Gangguan teknologi

Dalam kehidupan modern yang sibuk, kita menghabiskan banyak waktu membungkuk di depan layar. Nah, khusus untuk tempat tidur, mengapa tidak menjadikannya sebagai area bebas polusi teknologi?

Jadi hindarkan televisi dan komputer di tempat tidur. Begitu pula ponsel. Matikan dan letakkan ponsel ini jauh dari pandangan. Semua alat teknolog merupakan lambing untuk membuat terjaga, sehingga akhirnya menyita waktu istirahat.

Jika Moms tidak punya pilihan, sembunyikan barang-barang tersebut sebaik mungkin. Misalnya, tempatkan TV di lemari atau tutupi dengan kain dengan rapi.

2. Cermin

Dalam feng shui,  cermin di depan tempat tidur mengundang orang ketiga ke dalam pernikahan. Cermin juga dianggap memantulkan energi di sekitar ruang, yang dapat mengganggu tidur. Jika memang perlu memiliki cermin, pastikan tidak menggantung cermin di dinding di seberang tempat tidur. Buatlah pula bayangan cermin itu memantulkan sesuatu yang Moms sukai.

3. Lukisan di atas tempat tidur

Menempatkan lukisan dan foto besar dapat menghasilkan energi yang mengancam, sehingga tidur pun tidak akan nyenyak. Energi yang dihasilkan sama mengganggunya seperti menempatkan kepala tempat tidur di bawah jendela. 

Jika ingin menempatkan sesuatu di atas kepala tempat tidur, berikan lukisan atau sesuatu yang ringan. Seperti permadani dengan pola yang menarik.

4. Meja nakas bersudut tajam

Tinggi nakas yang ditempatkan di sisi tempat tidur sebaiknya lebih pendek dari tempat tidur, juga ujungnya jangan tajam. Benda  berujung tajam seolah-olah mengancam energi positif, sehingga tidur pun menjadi was-was.

5. Furnitur besar yang menjulang

Ganti lemari tinggi dan perabot yang membuat Moms dan Dads merasa tertekan saat berbaring di tempat tidur. Hindarkan juga menyimpan rak buku di kamar tidur. Jika memang ingin menyimpan buku di kamar tidur, pastikan  buku-buku tertata rapi dan rata (horizontal). Buku-buku tersusun vertikal dapat menciptakan perasaan ‘terpotong’.

6. Tanaman

Ini mungkin kontroversial. Tetapi,  dalam fengshui penempatan tanaman di dalam kamar tidur tidak terlalu disaran, apalagi jika terlalu banyak tanaman hias. Energi tanaman dianggap terlalu kuat dan berorientasi pada pertumbuhan. Dengan demikian, dapat mengacaukan suasana santai  yang ingin diraih sewaktu tidur dan beristirahat.

Tinggalkan tanaman hias, terarium, dan aksen kayu apung. Gunakan saja aksen atau warna tanaman yang dekat dengan alam ini untuk bantal atau permadani di kamar.

7. Kamar tidur bukan tempat berolahraga

Beberapa pasangan menempatkan alat olahraga di kamar tidur, seperti treadmill atau sepeda statis. Maksudnya sih baik. Agar sebelum tidur atau bangun tidur diingatkan untuk berolahraga. Namun, alat olahraga ini juga membangunkan tubuh dan jiwa Moms yang seharusnya tidur dan beristirahat. Jadi, pastikan alat olahraga disembunyikan dari pandangan

8. Air

Adanya fitur air yang dominan di kamar tidur adalah tabu bagi fengshui. Jadi hindarkan bertema air, seperti lukisan air mancur, air tejun, perahu di laut, sungai, danau atau pelabuhan. Di bagian lain rumah, air melambangkan uang. Namun, untuk kamar tidur, air dapat menyebabkan kerugian finansial atau hubungan.

9. Kekacauan di tempat tidur

Kekacauan di bawah tempat tidur dapat menciptakan stres dan sakit kepala, bahkan jika Moms tidak menyadarinya pada awalnya. Kamar tidur yang bersih dan jernih menyiapkan tempat untuk pemikiran yang rapi, jadi luangkan waktu untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak penting di kamar ya, Moms.

10. Kamar tidur berantakan

Menurut fengshui, ruang tidur berantakan itu bukan sekadar merusak pemandangan. Ini dapat juga memblokir aliran Chi, mengganggu tidur, dan umumnya mencegah berbagai hal untuk bergerak maju. Jadi, jaga agar tempat tidur bersih dan rapi, serta tidak ada barang menumpuk di seputar kamar tidur. 

Kerapihan ini juga diperhitungkan untuk tempat yang tidak terlihat, seperti bawah tempat tidur, laci atau di dalam lemari. Singkirkan pakaian atau barang yang tidak dipakai secara berkala. Tutup pintu lemari dengan rapat, terutama di malam hari.

11. Menyimpan barang di bawah tempat tidur

Sama seperti Moms tidak boleh menyimpan sesuatu yang mengancam di atas tempat tidur, begitu juga di bawahnya. Kekacauan di bawah tempat tidur dapat menciptakan stres dan sakit kepala, bahkan jika Moms tidak menyadarinya pada awalnya.

Baca Juga :Feng Shui di Kamar Tidur untuk Ciptakan Romantisme