Moms sudah tak sabar menyediakan sarapan sehat untuk keluarga dengan memakai bahan oatmeal? Sipp, Moms. Namun, mungkin Moms bingung untuk memilih oatmeal bagi keluarga. 

Di toko bahan makanan offline maupun online, Moms akan melihat beberapa jenis oatmeal. Ada old fashioned oats, steel cut oats, instant oats,  rolled oats, atau quick oats. Apa bedanya? Dan bagaimana mengolahnya? Simak penjelasannya.

Jenis Oatmeal

Oatmeal yang berasal dari tanaman gandum ini di pasaran memang dibuat dalam beberapa produk. Berikut produknya: 

  • Steel-cut oats, juga disebut Irish Oats merupakan hasil olahan pertama dari groat yang dijadikan buliran kasar. Itu sebabnya steel-cuts oats bertekstur kasar karena terbuat dari gandum utuh. Nah, jenis oat ini mengandung jumlah serat tertinggi, Moms. Karena paling sedikit diproses. Namun, oat ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak, dan menghasilkan bubur yang lembut dan kenyal. Untuk membuat proses memasak lebih mudah, steel cut oats direndam semalaman atau dimasak dalam slow cooker
  • Rolled oats disebut juga old-fashioned oats atau whole oats merupakan bulir gandum yang bentuknya dibuat lebih pipih karena buliran kasar itu digiling kembali, Moms.  Sebagian besar dedak dihilangkan, sehingga seratnya lebih sedikit daripada steel-cut oats. Tetapi, dengan bentuknya itu membutuhkan waktu lebih sedikit untuk memasaknya. Selain dimasak untuk semangkuk sarapan hangat, rolled oats biasanya digunakan dalam granola bar, roti, kue kering, muffin, dan makanan panggang lainnya.
  • Quick oats atau instant oats adalah oat dibuat  lebih tipis lagi dan dalam ukuran lebih kecil-kecil, sehingga lebih cepat matang. Cukup dengan direndam dalam air panas atau dipanaskan sebentar di microwave, maka oatmeal sudah tersaji. Oats instan ini biasanya diberikan tambahan rasa, seperti susu, coklat atau sayuran.  Meskipun paling cepat dimasak, biasanya oat tersebut memiliki sedikit tambahan gula dan lebih sedikit serat dibandingkan oat jenis lain.

Mainkan tekstur dan rasa

Oat memiliki rasa yang enak jika dimasak dengan air dan dimakan langsung. Tapi jika Moms bosan dengan cara masak oatmeal biasa, berikut adalah beberapa ide untuk dicoba:

  • Dibuat oatmeal panggang untuk menghasilkan tekstur seperti kue gandum, dan merupakan cara yang bagus untuk  membuat sarapan selama seminggu sekaligus.
  • Dibuat menjadi Overnight oat. Biasanya dengan cara mencampur rolled oats atau quick oats dengan beberapa jenis susu dan yogurt. Diamkan di lemari es semalaman. Ini menghasilkan campuran oatmeal yang lembut dan menyegarkan.
  • Oat juga merupakan cara yang baik untuk membuat smoothie pagi Moms lebih mengenyangkan. Masukkan 1/4 hingga 1/2 cangkir rolled oats ke mesin blender  terlebih dahulu dan giling sampai halus. Kemudian baru tambahkan sisa bahan smoothie seperti biasa. Ini menghasilkan smoothie yang lebih kental yang memiliki daya mengenyangkan dan berbagai kebaikan oatmeal.

Dengan metode persiapan  di atas, Moms pun memiliki banyak pilihan untuk bermain dengan rasa, baik dengan buah, kismis atau kacang-kacangan.  Ini  beberapa ide bermain rasa dengan oatmeal, Moms:

  • Untuk rasa dan tekstur, cobalah tambahkan kelapa tanpa pemanis, kacang mete cincang, atau irisan almond.
  • Untuk rasa manis alami, tambahkan kurma cincang, cranberry kering atau saus apel.
  • Tingkatkan protein dengan menambahkan biji labu, selai kacang atau sesendok yogurt Yunani.
  • Tingkatkan serat larut lebih banyak lagi dengan biji chia atau rami halus.
  • Jika ingin memanjakan lidah, tambahkan beberapa tetes ekstrak vanila dan selai kacang untuk rasa kue selai kacang, atau ekstrak vanila, bubuk kakao, dan pisang matang untuk oatmeal cokelat.

Jadi, jangan lewatkan sajian oatmeal untuk sarapan keluarga ya Moms…

Baca Juga :Alasan Oatmeal Jadi Pilihan Sehat di Pagi Hari