Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tinggal menghitung hari, Moms. Meski dalam 2 tahun ini suasana kemerdekaan masih dalam kondisi pandemi, tetapi kita sebagai bangsa Indonesia harus tetap semangat untuk memeriahkannya, sebagai cara untuk mengenang jasa para pahlawan. Jangan lupa juga untuk mengibarkan bendera kebangsaan merah putih di depan rumah ya. 

Hari kemerdekaan memang identik dengan berbagai jenis perlombaan yang seru, salah satu perlombaan yang wajib diadakan adalah lomba tarik tambang. Namun, tahukah Moms bahwa lomba ini memiliki makna untuk mengenang keadaan pada zaman penjajahan Belanda? Saat itu rakyat Indonesia bekerja secara paksa, salah satunya dengan menarik benda-benda berat menggunakan tali tambang. 

Masih banyak lagi perlombaan lain yang memiliki makna sebagai mengenang jasa para pahlawan kita loh! Namun, karena kondisi bumi saat ini menganjurkan kita untuk tidak boleh berkerumun dan #dirumahaja tentu tidak menyurutkan niat kita untuk mengadakan lomba kecil-kecilan bersama anggota keluarga. Nah, lomba seperti apa nih yang bisa dilakukan? Yuk, simak beberapa lomba berikut ini:

Lomba Menghias Kamar 

Agar Si Kecil semangat dalam hari kemerdekaan #dirumahaja ini, Moms bisa mengadakan perlombaan menghias kamar dengan tema hari kemerdekaan. Kamar yang bersih, rapi dengan hiasan kemerdekaan yang serasi akan keluar sebagai pemenangnya. Perlombaan ini bakal membuat Moms terbantu, karena si Kecil mulai membersihkan kamarnya karena perlombaan. 

Lomba Memasak 

Perlombaan ini bisa dibagi menjadi 2 regu nih, yaitu regu pertama adalah Moms dan regu kedua adalah Dads. Lomba memasak bisa dilakukan dengan membagi siapa yang akan memasak untuk sarapan dan makan siang. Nah, semua anggota keluarga akan menjadi juri untuk perlombaan ini. Regu yang kalah, maka akan bertanggung jawab untuk membuatkan makan malam. 

Lomba Makan Kerupuk 

Meski #dirumahaja Moms masih bisa melakukan lomba makan kerupuk loh! Biar lebih seru dan asik,  tali pada kerupuk yang digantungkan akan dikaitkan pada kaki. Moms akan mendapatkan gigitan kerupuk jika kaki diangkat dan sejajar dengan mulut. 

Lomba Swafoto 

Perlombaan selanjutnya adalah, lomba swafoto! Tentu tema foto adalah tema tentang kemerdekaan ya Moms, foto bisa langsung diunggah di media sosial. Nah, yang akan menjadi juri dalam lomba swafoto ini adalah para pengikut Moms di media sosial. Bagi yang paling banyak disukai maka dialah yang menjadi pemenangnya. 

So, masih tetap merdeka walau #dirumah aja, kan? Lalu, perlombaan mana nih yang akan Moms adakan bersama si Kecil saat kemerdekaan nanti? 

Oh ya, menurut informasi, pemerintah akan meluncurkan Rumah Digital Indonesia di bulan Agustus 2021 sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 ini di tengah pandemi Covid-19!  Wah, ada yang sudah tahu bagaimana keseruannya? Yuk, berbagi informasi di kolom komentar.