Moms memiliki banyak perhiasan tapi beberapa tidak pernah dipakai karena terlihat kusam? Paparan debu dan kotoran, losion dan sabun, bahkan udara dan kelembapan memang dapat menghilangkan kilau  barang-barang favorit ini, sehingga warnanya tampak kusam.

Jangan sedih, Moms. Ada kok, cara membuat koleksi berharga ini kembali berkilau. Dan Moms bisa melakukannya sendiri di rumah.

Cara membersihkan perhiasan perak

Cara terbaik untuk membersihkan perhiasan perak adalah dengan pemoles perak (silver polish). Cairan pembersih ini mengandung bahan-bahan yang melarutkan dan menghilangkan noda, sambil memberikan lapisan pelindung untuk mencegah terbentuknya noda baru. 

Jika tidak memiliki pemoles perak, Moms membersihkan dengan metode DIY di bawah ini. Dengan catatan: perawatan masih memungkinkan noda kembali. Meski demikian jangan dilakukan terlalu sering, dan tidak menggosok secara berlebihan.

  • Gunakan sabun cuci piring: Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat. Celupkan kain lembut ke dalam larutan dan gunakan untuk menggosok perak untuk menghilangkan noda. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan kain lembut lainnya.
  • Memakai soda kue: Untuk noda yang sulit dibersihkan, coba buat pasta dari  campuran tiga bagian soda kue dengan satu bagian air. Basahi perak dan oleskan pasta tersebut dengan kain lembut yang tidak berbulu. Bersihkan hingga ke celah-celah. Balikkan kain saat mengangkat noda. Bilas dengan baik dan keringkan dengan kain lembut.
  • Gunakan pasta gigi: Pasta gigi bukan hanya menghilangkan noda gigi, juga dapat menghilangkan noda dari perak. Oleskan setetes pasta gigi (bukan gel) ke perak yang ternoda dan gosok dengan sangat lembut dengan jari atau kain lembut. Kemudian, bilas dengan air hangat.  Lap hingga bersinar dengan kain lembut.

Cara membersihkan perhiasan emas

  • Mandikan  gelang, kalung, dan anting-anting emas murni dalam larutan yang dibuat dari beberapa tetes sabun cuci piring dan sedikit air hangat. 
  • Masukkan perhiasan kecil (seperti giwang atau liontin) ke dalam saringan sebelum dimasukkan ke dalam larutan agar tidak terceccer. Perhiasan ukuran besar bisa langsung masuk ke mangkuk. Rendam selama sekitar lima menit. 
  • Sambil direndam, coba gosok-gosok perhiasan ini dengan tangan.
  • Setelah itu, keluarkan dan letakkan di atas kain lembut. Dengan memakai sikat gigi lembut,  coba sikat bagian celah-celah untuk mengeluarkan kotoran yang terperangkap di sana. 
  • Kembalikan perhiasan  ke saringan, dan bilas di bawah air mengalir. 
  • Keringkan dengan kain lembut.

Cara membersihkan perhiasan batu permata

Sangat mudah untuk mengembalikan kilau batu mulia dan semi mulia, seperti berlian, rubi, zamrud, dan safir yang dibingkai emas. Moms dapat menggunakan petunjuk yang sama seperti cara membersihkan emas.

Sikat batu dengan sikat gigi yang lembut.  Kemudian, celupkan ke dalam air jernih untuk membilas atau tempatkan perhiasan di saringan. Lalu, bilas di bawah air mengalir. Keringkan dan kagumi kilauannya.

Cara membersihkan perhiasan dengan mutiara

Mutiara dapat dengan mudah kehilangan kilaunya. Apapun  jenis perhiasan mutiara yang Moms miliki, lakukan pembersihan dengan hari-hati. Aturan nomor satu: Jangan pernah merendam mutiara karena dapat menyebabkan talinya melemah dan putus.

Untuk membersihkan mutiara dengan lembut, ikuti cara ini: 

  • Mulailah dengan meletakkan untaian di atas kain lembut. 
  • Celupkan kuas rias kecil yang bersih ke dalam campuran air hangat dan sedikit sampo, dan bersihkan setiap mutiara. 
  • Untuk menyelesaikannya, bilas mutiara dengan kain lembab yang bersih dan diperas dengan baik. Biarkan untaian mengering di permukaan rata untuk mencegah tali meregang.

Baca Juga :Cara Membersihkan Kompor Gas