Tahu adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Ada begitu banyak masakan Indonesia yang menggunakan tahu di dalamnya. Jenis tahu yang kita kenal pun tidak hanya satu, ada tahu putih, tahu Cina, tahu sutra, tahu Bandung, tahu Sumedang, tahu pong, tahu jepang, dan tahu takwa. 

Walaupun tahu sudah lama dikenal di Indonesia, ternyata makanan yang berasal dari kedelai ini pertama kali ditemukan secara tidak sengaja di Cina, lo. Saat itu konon katanya, seorang koki secara tidak sengaja mencampurkan nigari (sejenis pengental yang dihasilkan dari garam yang diekstrak dari air laut) dengan susu kedelai. 

Nah, tahu yang merupakan salah satu jenis protein nabati ini ada tip khusus untuk menyimpannya lho, Moms. Mau tahu? Mari kita simak bersama tips menyimpan tahu berikut ini. 

Buang Air Tahunya 

Salah satu kesalahan ketika menyimpan tahu adalah langsung menyimpannya di kulkas tanpa membuang air bawaannya terlebih dulu. Ini bisa membuat tahu lebih cepat masam,  Moms! Lantas bagaimana yang benar? Buang air bawaannya terlebih dahulu, lalu cuci dengan air bersih hingga tidak ada lendir dan bau yang menempel di tahunya. Saat mencuci tahu, perlahan saja ya, Moms, supaya bentuknya tetap utuh. 

Simpan di Wadah Kedap Udara 

Setelah mencuci bersih tahu, ganti wadahnya dengan wadah bersih yang kedap udara. Pastikan wadah tersebut berisi air bersih atau air minum yang merendam tahunya. Wadah baru yang bersih dan kedap udara berfungsi untuk meminimalisasi kemungkinan kontaminasi bakteri yang akan mempercepat rusaknya tahu. Jangan lupa untuk mengganti air tahunya sekali sehari. 

Rebus Dulu 

Merebus tahu dengan air mendidih yang ditambah sedikit garam bisa memperpanjang umur penyimpanan tahu. Tidak perlu lama-lama merebusnya, cukup 4 menit saja, kemudian sebelum disimpan, ganti dengan air baru yang bersih, lalu simpan di kulkas. Sedikit kekurangannya tahu bisa jadi sedikit lebih keras karena sudah direbus. 

Nah itu dia beberapa tips menyimpan tahu agar tahan lama. Ada yang sudah Moms coba sendiri di rumah? Bagi ceritanya di kolom komentar ya! 

Baca Juga :Tips Mengola Daging Kambing Agar Tidak Bau