Baju luaran alias outer sedang jadi favorit banyak wanita belakangan ini. Selain sifatnya yang fleksibel bisa digunakan dalam berbagai acara, outer juga cocok digunakan oleh wanita dengan aneka bentuk tubuh dan bisa membuat Moms tampil keren seketika tanpa perlu repot menambahkan aksesoris.

Biar penampilan Moms tambah stylish, simak inspirasi mengenakan outer dalam berbagai kesempatan berikut ini. Simak juga cara memilih outer yang tepat agar mudah dipadupadankan dengan isi lemari Moms yang lain. 

Inspirasi outer untuk acara santai

  • Outer berupa kemeja oversized dengan dalaman kaos polos adalah pilihan yang tak pernah salah untuk acara santai seperti jalan-jalan ke mall atau pun ajang kumpul dengan sahabat. Untuk bawahannya, Moms bisa memakai legging, jeans, atau pun celana berpipa sempit
  • Outer kemeja juga bisa digunakan dengan dalaman dress simpel. Biar makin gaya, Moms bisa menambahkan ikat pinggang tipis sebagai variasi. Tambahkan sepatu flat atau sneakers untuk tampilan yang lebih sporty
  • Selain outer pendek, long outer juga bisa digunakan untuk busana bergaya santai. Agar tetap nyaman saat beraktivitas, Moms bisa memilih long outer berbahan katun atau pun rajut yang ringan dan tidak gerah kala dikenakan. 

Inspirasi outer untuk acara formal

  • Long outer adalah pilihan yang paling cocok untuk menghadiri acara resmi seperti pesta pernikahan dan acara wisuda. Moms bisa mengenakan long outer dengan dalaman dress, bawahan celana panjang, ataupun rok dengan potongan ramping. 
  • Outer dari bahan brokat atau silk yang tampilannya elegan amat pas dikenakan untuk menghadiri acara formal. Sebagai padanannya, Moms bisa memilih celana panjang atau pun rok ikat dari bahan kain tradisional maupun satin yang terkesan mewah.
  • Long outer untuk acara formal juga bisa dipadankan dengan celana kulot. Pilih kulot dengan detail plisket untuk memberikan kesan lebih elegan. Padukan dengan sepatu hak tinggi model tertutup dan tas tangan berukuran kecil dengan detail yang unik. 

Inspirasi outer sebagai fashion statement

  • Outer dengan motif unik seperti bunga-bunga ataupun motif geometri bisa menjadi pilihan bagi Moms yang berkarakter ceria. Untuk dalamannya, pilih tank top atau kaos polos agar tidak bertabrakan dengan motif outer. Sebagai bawahan, Moms bisa mengenakan celana pendek, legging, ataupun celana panjang dengan pilihan warna solid sesuai selera. 
  • Tampilan boyish sebagai fashion statement? Why not! Moms bisa memilih outer berupa blazer dengan motif kotak-kotak yang terkesan formal. Padankan dengan kaos berpotongan basic atau crop top dan sepatu sneakers putih. Tambahkan syal berwarna solid sebagai sentuhan akhir.
  • Outer berupa jaket pendek yang dipadankan dengan rok bermodel tutu dari bahan tulle bisa membuat tampilan Moms tampak chic dan stylish seketika. Untuk alas kaki, gunakan sepatu atau sandal flat dengan detail unik. 

Perhatikan tip berikut saat Moms memilih outer:

Pilih outer dengan warna dan desain basic

Membeli outer dengan warna dan desain basic akan memudahkan Moms memadupadankannya dengan aneka koleksi pakaian yang sudah ada di lemari. Jenis outer seperti ini juga tidak mudah ketinggalan zaman karena modelnya yang tak lekang oleh waktu.

Pilih motif yang aman

Jenis outer bermotif akan lebih menyulitkan Moms kala mengombinasikannya. Tapi, kesulitan itu bisa diminimalisir dengan cara memilih motif berukuran kecil dan tidak terlalu mencolok. Misalnya motif kotak-kotak kecil atau motif yang muncul dari perbedaan tekstur bahan kain. 

Sesuaikan dengan kepribadian

Hanya karena sedang trendy, bukan berarti Moms harus ikut-ikutan membeli jenis outer yang sebenarnya tidak terlalu disukai. Selain boros, Moms juga tidak akan merasa nyaman mengenakannya. Ujung-ujungnya, outer tersebut hanya akan “terlipat manis” di dalam lemari tanpa pernah diajak berjalan-jalan oleh pemiliknya. 

^IK