Ketika usia kehamilan sudah masuk trimester 3, banyak hal yang mulai dipersiapkan. Perlengkapan untuk menyambut kehadiran sang buah hati pun sudah mulai banyak dibeli. Namun, ada dokumen-dokumen penting yang juga perlu Moms siapkan saat persalinan nanti. Untuk lebih mudahnya, Moms juga bisa menyimpan semua dokumennya di dalam satu map khusus. Berikut ini dokumen penting yang perlu dibawa saat persalinan nanti:  

Kartu Identitas 

Selalu siapkan kartu identitas Moms dan suami ya. Lebih baik lagi kalau disiapkan juga salinannya. Jika di tempat persalinan nanti ada fasilitas untuk pembuatan akta lahir anak, Moms juga bisa membawa salinan kartu identitas 2 orang yang lain sebagai saksi.   

Buku Nikah atau Akta Perkawinan 

Sebelum hari persalinan tiba, persiapkan juga salinan buku nikah Moms ya. Karena dokumen ini jadi salah satu syarat juga untuk membuat akta kelahiran. Siapkan minimal 2 salinan sehingga Moms tidak akan kerepotan saat persalinannya tiba nanti.

Kartu Keluarga 

Selain kartu identitas dan buku nikah, syarat lain dalam membuat akta kelahiran adalah salinan kartu keluarga. Jika Moms dan suami belum memiliki kartu keluarga baru setelah menikah, lebih baik buat sekarang juga ya.  

Buku KIA 

Jika sejak awal Moms mengikuti program pemerintah, maka wajib memiliki buku bersampul merah muda ini. Moms bisa mendapatkannya di bidan atau puskesmas. Kementerian Kesehatan mencetak buku KIA ini sebagai alat penunjang kesehatan ibu dan anak. Seperti dilansir dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, buku KIA tidak hanya bermanfaat di sektor kesehatan tapi juga telah diintegrasikan dengan sektor lain, di antaranya surat keterangan lahir untuk mempermudah mendapatkan akta kelahiran.  

Kartu Asuransi atau Kartu BPJS 

Biaya persalinan akan memakan biaya yang besar meskipun terkadang telah disiapkan sejak awal kehamilan. Namun tak ada salahnya jika Moms menyiapkan kartu asuransi atau BPJS jika saat persalinan butuh tindakan besar seperti operasi caesar.  

Kartu ATM dan Buku Tabungan 

Karena biaya persalinan yang tak bisa ditebak, Moms juga perlu membawa kartu ATM dan buku tabungan untuk berjaga-jaga kalau ada biaya tambahan yang tidak ditanggung asuransi atau BPJS. Maka dari itu penting juga untuk memasukkan buku tabungan serta kartu ATM-nya ke dalam map dokumen untuk persalinan nanti. 

Jadi, selain baju-baju bayi dan perlengkapan lainnya untuk Moms saat persalinan nanti, minta bantuan suami juga ya untuk menyiapkan dokumen-dokumen penting di atas. Persiapan untuk menyambut sang buah hati pun semakin matang dan Moms tinggal menunggu sinyal cinta itu datang.