Menyusui adalah pemberian nutrisi kepada bayi melalui payudara Moms. Bagi seorang Moms,  payudara merupakan aset yang sangat berharga karena berperan penting dalam kelangsungan proses menyusui. Pada payudara  terdapat banyak sistem yang mendukung dalam pemberian ASI, mulai dari produksi, penyimpanan hingga media pemberian ASI. 

Bayi sendiri memiliki 3 refleks yang secara alami menyesuaikan diri dengan proses menyusui secara langsung. Aset berharga ini tentunya harus dijaga dengan baik sehingga proses menyusui menjadi lebih optimal. 

Menjaga kesehatan payudara sangat penting guna menghindari permasalahan yang terjadi ketika proses menyusui, seperti  puting lecet, bendungan ASI, mastitis hingga abses payudara. Untuk membuat payudara senantiasa sehat, sebenarnya tidak sulit. Beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah ini bisa Moms coba: 

Menjaga payudara tetap bersih 

Payudara bersih adalah kunci dari sebagian besar permasalahan dalam menyusui. Sebenarnya perawatan payudara sudah dianjurkan ketika Moms memasuki trimester ketiga pada masa kehamilan. Caranya sangat mudah,  cukup membersihkan puting dengan lembut menggunakan sabun hingga bersih. Jika terdapat kerak yang menutupi saluran ASI, bisa dibersihkan dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak kelapa, kemudian tempelkan pada puting dan tunggu hingga 5-7 menit.  Setelah itu, bersihkan seperti biasa. 

Mengganti bantalan payudara secara teratur 

Bantalan payudara atau sering kita kenal dengan breastpad memang sangat membantu Moms menyusui untuk menjaga aliran ASI tidak rembes keluar membasahi baju. Tetapi harus diperhatikan juga bahwa bantalan payudara ini harus rutin diganti,  sehingga mengurangi risiko lembap di area payudara, yang memberikan celah untuk kuman berkembang biak. 

Mengoleskan ASI sebelum menyusui 

Mengoleskan ASI ke area puting dan areola,  menjadi point penting yang seharusnya tidak boleh dilupakan, sebelum memulai sesi menyusui. ASI yang dioleskan pada puting membantu puting menjadi lebih lembap sekaligus membersihkan payudara Moms. 

Memposisikan bayi dengan benar 

Memposisikan bayi dengan benar ketika menyusui memiliki dampak yang besar dalam keberhasilan proses menyusui. Posisi bayi selama menyusui akan memengaruhi proses produksi ASI. Selain itu, jika posisi bayi tidak tepat, bisa mengakibatkan puting Moms menjadi lecet dan proses menyusui menjadi terhambat. 

Rutin kosongkan payudara 

Rutin Mengosongkan payudara setiap 2-3 jam, mampu mencegah terjadinya bendungan ASI. Bendungan ASI jika dibiarkan secara terus menerus, akan berisiko payudara  mengalami mastitis hingga abses. 

Gunakan Bra yang nyaman

Menyusui seringkali membuat ukuran payudara Moms berubah. Kemungkinan besar, itu menjadi salah satu kekhawatiran sebagian Moms.  Maka itu, sangat penting memilih bra menyusui yang tepat guna menjaga kesehatan payudara dan kenyaman Moms.

 Perawatan payudara memang terlihat sepele,  tetapi jika tidak dilakukan dengan tepat dan rutin akan menimbulkan masalah-masalah dalam pemberian ASI ke depannya. Maka dari itu selain menjaga pola makan yang sehat, perawatan payudara menjadi agenda penting yang harus dilaksanakan oleh Moms selama periode menyusui.