Menyusui adalah suatu aktivitas terpenting setelah bayi lahir. Pertanyaan paling sering muncul dari new moms adalah "Gimana ya caranya biar produksi ASI banyak?" New Moms cenderung memiliki kekuatiran bila produksi ASI mereka tidak bisa mencukupi kebutuhan si bayi.

Berikut adalah beberapa tips agar produksi ASI berlimpah:

  • Asupan nutrisi dan cairan ibu menyusui harus cukup. Secara umum, tidak ada anjuran makanan khusus atau pantangan makanan tertentu saat ibu menyusui bayinya. Beberapa orang percaya bahwa daun katuk dapat membantu memperbanyak produksi ASI.
  • Cukup istirahat dan hindari stress.
  • Relaks. Nikmati proses kegiatan menyusui, boleh sambil mendengarkan musik.
  • Sering menyusui. Produksi ASI merespons atas kebutuhan yang ada. Setelah moms menyusui, maka tubuh akan memberikan signal untuk kembali memproduksi ASI. Usahakan minimal menyusui si bayi (atau memompa ASI bila sedang bekerja) 8x sehari. Hal ini akan membantu meningkatkan produksi ASI.
  • Bergantian menyusui dari payudara kiri dan kanan.

Selain itu, faktor dukungan dari suami juga memegang peranan penting loh moms. Studi menunjukkan bahwa suami yang suportif terhadap istri yang menyusui, akan membawa dampak rasa nyaman, dan itu juga akan menyebabkan durasi menyusui lebih lama dan produksi ASI lebih lancar.

Jadi, ajaklah suami untuk ikut berpartisipasi, misal membantu memijat bunda setelah menyusui, agar lebih rileks, atau memutarkan musik-musik lembut saat moms sedang menyusui. Peran sederhana seperti turut aktif dalam merawat bayi, seperti membantu mengganti popok, memandikan bayi, atau hanya sekedar menemani moms saat menyusui, memiliki dampak yang besar dalam memberikan rasa nyaman. Dan rasa nyaman itulah yang akan berpengaruh dalam lancarnya produksi ASI dan suksesnya kegiatan menyusui.