Semua buah memiliki manfaat yang bagus buat bayi, namun menurut Ir. Hindah J. Muaris, pemerhati kulinologi, karena pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan, berikan juga buah yang terasa manis terlebih dulu. Jadi awal MPASI, saya memberikan buah-buah manis terlebih dahulu buat Alicia, dan untuk tekstur buah, saya haluskan / jadikan pure agar mudah dicerna. Ada pun buah buahan yang saya berikan adalah sebagai berikut: 

Pisang 

Pisang mengandung fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan. Jenis pisang yang saya berikan pisang ambon / sunpride. Cara penyajiannya adalah dengan dikerok menggunakan sendok bagian daging pisangnya, lalu beri sedikit ASIP. Oya, jangan terlalu sering atau banyak memberi pisang karena bisa membuat konstipasi/ sembelit pada bayi. 

Jeruk baby

Kandungan vitamin terbesar dalam jeruk baby adalah vitamin A. Jeruk baby juga kaya akan vitamin C, bahkan kandungan vitaminnya lebih tinggi daripada jeruk siam. Jeruk baby juga mengandung vitamin B6, karbohidrat, dan kalsium. Untuk penyajian jeruk ini, terlebih dulu  saya peras, lalu dimasukkan ke dalam gelas. Saya memberikan jeruk pada Alicia menggunakan sendok atau Alicia minum langsung dari gelas. Kadang jeruk cuma dibelah dan dibuang  bijinya untuk kemudian diisap langsung oleh Alicia. 

Tomat 

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen (lycopene). Zat ini dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Selain itu, tomat rendah kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, Vitamin C, folat, dan kalium. Penyajiannya dengan menjadikan tomat sebagai pure. Cara membuatnya, tomat kukus selama 2 menit, lalu saring dengan saringan kawat, beri 1 sdt evoo sebagai lemak tambahan. Pilih tomat buah atau yang kulitnya merah agar tidak asam. 

Pir 

Buah pir kaya akan kandungan air yang memberikan 12% dari kebutuhan vitamin C harian, serta 10% vitamin K, 6% dari kalium dan jumlah yang lebih kecil dari kalsium, zat besi, magnesium, riboflavin, vitamin B-6 dan folat. Penyajian pir dibuat pure. Caranya dengan mengukus pir, saring lalu berikan 1 sdt evoo atau beri parutan keju untuk tambahan lemak. 

Apel 

Apel juga salah satu buah yang populer diperkenalkan kepada si Kecil. Selain enak, buah ini juga mengandung serat dan vitamin C.Pilihlah apel jenis Red Delicious atau Red Gala yang juicy, empuk dan manis. Apel pun saya buat pure. Caranya, terlebih dahulu dicuci bersih,  kupas,  potong kecil- kecil, lalu kukus. Setelah itu dilumatkan/ saring lalu beri butter dan keju . Selama Moms memberi buah- buahan, perhatikan ya BAB si kecil. Meski sehat,  terlalu banyak serat juga bisa membuat sembelit pada bayi.