Seiring pertambahan usia, bayi membutuhkan asupan tambahan selain ASI. Si Kecil yang mulai mengonsumsi makanan padat membutuhkan perlengkapan yang mendukung aktivitas makannya. Selain peralatan makan seperti piring dan gelas, salah satu perlengkapan yang tak kalah penting untuk Moms persiapkan adalah high chair, kursi khusus untuk bayi makan. Kursi yang memiliki kaki-kaki tinggi dan baki khusus ini didesain sedemikian rupa untuk mempermudah proses belajar makan bayi. Namun, sebelum mulai menggunakan high chair, pastikan si Kecil sudah siap duduk sendiri dengan stabil dan mampu menyangga kepalanya dengan tegak.  

Nah, sebelum membeli high chair, beberapa hal perlu Moms pertimbangkan. Selain  harga, perhatikan juga fungsionalitas, kenyamanan, keamanan, dan kesesuaian high chair dengan ruang. 

  1. High chair harus berfungsi sebagaimana kebutuhannya. Sebelum membeli high chair, cek terlebih dulu fitur dan komponennya, serta sesuaikan dengan kebutuhan.  Setidaknya high chair memiliki meja/baki yang dapat dilepas untuk memudahkan meletakkan dan mengangkat bayi dari kursi, juga memudahkan membersihkan meja. Perlu atau tidaknya roda juga perlu disesuaikan dengan keinginan. Bahkan ada model high chair serbaguna yang dapat diubah jadi booster, kursi biasa, dan yang tinggi-rendahnya dapat diatur.
  2. Faktor kenyamanan adalah poin penting dalam memilih high chair.  Ini akan membuat bayi betah duduk di high chair,  setidaknya sampai makannya selesai. High chair yang nyaman memiliki beberapa kriteria, seperti tempat duduk yang empuk dan ada tempat istirahat untuk kaki.
  3. Keamanan merupakan faktor esensial dalam sebuah high chair. Perhatikan fitur keamanannya, yaitu tali pengaman yang kuat dan dapat dikencangkan atau dilonggarkan. Memiliki penyangga selangkangan agar bayi tidak merosot, kaki-kaki high chair yang lebar, kuat, dan stabil agar kursi tidak mudah terguling saat menahan berat dan gerakan bayi di atasnya, serta kunci pada roda (jika ada rodanya).  
  4. Sesuaikan high chair dengan ruangan di rumah. Bila Moms ingin menghemat ruang, dapat membeli kursi dengan model lipat atau portable. Selain menghemat ruang, pertimbangkan juga apakah perlu jenis kursi yang dapat dibawa bepergian atau ke restoran. 

Nah, bila sudah menemukan ‘kursi makan’ yang cocok, ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan selama pemakaiannya: 

  1. Selalu berada di dekat bayi selama ia duduk di high chair
  2. Selalu menggunakan tali pengaman dan penyangga selangkangan 
  3. Selalu mengunci roda sebelum mendudukkan bayi
  4. Hanya menggunakan high chair saat makan
  5. Selalu mengecek keamanan kursi sebelum bayi duduk, misalnya memastikan tidak ada bagian tajam yang bisa melukai bayi.