MPASI merupakan singkatan dari makanan pendamping ASI, yakni makanan tambahan yang diberikan pada bayi selain ASI. Menurut dr. metahanindita,Sp.A.(K) di dalam bukunya Momyclopedia, WHO merekomendasikan pemberian MPASI yang seimbang dan beraneka ragam untuk dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. 

Selain karbohidrat, protein hingga lemak maka buah-buahan juga bisa diperkenalkan pada masa MPASI ini. Buah yang mengandung banyak serat hanya bersifat diperkenalkan saat pemberian MPASI dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Buah-buahan yang sering menjadi pilihan camilan si Kecil ketika MPASI juga mengandung banyak mikro gizi seperti vitamin dan mikro gizi lainnya. 

Syarat pemberian buah yang terbatas terkadang membuat Moms bingung memilih jenis buah apa yang akan Moms berikan pada si Kecil. Nah untuk itu, berikut adalah beberapa jenis buah segar kaya nutrisi yang bisa Moms perkenalkan pada si Kecil: 

Pir 

Pir merupakan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan,  pir juga memiliki segudang nutrisi yang sangat baik untuk si Kecil. Biasanya pir diolah sebagai camilan MPASI berupa pure. Cara mengolah pir cukup mudah Moms, hanya perlu mengupas pir kemudian mengukusnya hingga daging buahnya menjadi lunak. Jika sudah matang, Moms bisa menghaluskannya dengan saringan kawat. Buah pir yang sudah matang dengan tekstur yang sesuai inilah yang akan menjadi camilan sehat untuk si Kecil.

Pisang 

Pisang sejak jaman dulu menjadi salah satu buah andalan para ibu pada saat bayi memasuki masa MPASI. Rasanya yang enak serta mudah ditemukan menjadikan pisang sebagai pilihan utama camilan bayi. Di dalam buah pisang terkandung Vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalsium. Pisang bisa diolah menjadi bubur atau bisa dengan cara daging pisang dikerok menggunakan sendok kemudian lumatkan dan siap disajikan.

Alpukat 

Buah yang satu ini selain manis juga memiliki sensasi creamy, yang bukan hanya digemari oleh orang dewasa tetapi juga si Kecil. Kandungan lemak baik yang terdapat pada alpukat sangat dibutuhkan sebagai sumber energi si Kecil, tanpa khawatir obesitas. Selain itu, vitamin E yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, dan kesehatan mata juga terkandung cukup banyak di dalamnya. Buah alpukat juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan magnesium. Moms Bisa menyajikan alpukat sebagai pure dengan cara menghaluskan buah alpukat kemudian dicampurkan dengan susu formula atau ASI perah. 

Apel 

Apel menjadi salah satu kandidat buah segar terbaik sebagai pilihan camilan MPASI si Kecil karena rasanya yang manis dan kaya nutrisi. Cara mengolah apel juga cukup mudah. Moms bisa mengukusnya terlebih dahulu sebelum dilumatkan. Setelah itu, siap disajikan pada si Kecil. 

Buah naga 

Buah naga merupakan buah yang mengandung banyak sekali nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan vitamin. Nutrisi-nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang si Kecil. Rasanya yang manis dan segar menjadi alasan mengapa buah ini sangat digemari si Kecil. Cara mengolahnya cukup mudah Moms, yaitu pisahkan daging dan biji buah naga dengan menggunakan saringan kawat,  setelah itu disajikan untuk santapan si Kecil. 

Bagaimana Moms? Yuk, dicoba.