Pada usia  3 bulan hingga 18 bulan, si Kecil sudah tidak terlalu ringkih untuk dimandikan. Moms juga sudah mulai terbiasa memandikannya. Ada beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang memandikan bayi di usia ini.

Usia 3 hingga 18 bulan, si Kecil sudah bisa dimandikan di bak mandi atau bath tub  berukuran besar, sehingga Moms juga bisa mandi bersamanya. Meski badan si Kecil sudah cukup besar dan mampu duduk dan berdiri baik, jangan sekalipun membiarkan ia ditinggal sendirian di bak mandi, walaupun hanya sekejap. Risiko anak tenggelam bisa terjadi, meski di air yang dangkal. 

Berikut beberapa hal penting dalam memandikan si Kecil yang berusia 3 hingga 18 bulan: 

Baca Juga : Cara Aman Memandikan Bayi Baru Lahir

Waktu mandi bayi: seberapa sering?

  • Mandi 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga kebersihan bayi. Tetapi jika bayi Moms sangat suka mandi, Moms bisa memandikan si Kecil sekali sehari. Mandi lebih dari ini dapat mengeringkan kulit bayi.
  • Moms dapat menjaga kebersihan alat kelamin si Kecil di antara waktu mandi, dengan menggunakan air hangat dan kapas.
  • Waktu mandi si Kecil pun cukup sekitar 5-10 menit. Ini sangat penting jika bayi Moms memiliki kulit kering atau sensitif.
  • Gunakan kapas dan air hangat untuk membersihkan  mata dan wajah bayi Moms, dan kain lap untuk tangan dan bokong si kecil. 

Kapan waktu tepat memandikannya?

Moms dapat memandikan si Kecil kapan saja sepanjang hari. Sebaiknya pilih waktu saat Moms santai dan tidak akan terganggu. Cobalah untuk tidak memandikan si Kecil saat mereka lapar atau langsung setelah menyusu.

Jika mandi membuat si Kecil yang masih bayi merasa relaks, Moms dapat menggunakannya sebagai cara untuk menenangkan si Kecil di malam hari. Beberapa bayi tidur lebih lama setelah mandi malam.

Step by step memandikan 

Si Kecil sudah bisa dimandikan di bak mandinya atau bath tub keluarga.  Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk memandikan si Kecil yang berusia 3 bulan hingga 18 bulan: 

  • Letakkan keset kamar mandi anti selip di lantai depan kamar mandi, dan satu lagi di kamar mandi.
  • Isi bak mandi dengan air secukupnya untuk memandikan bayi Moms. Untuk si Kecil yang sudah bisa duduk, isi bak mandi sampai  batas pusarnya sewaktu ia duduk. 
  • Gunakan air hangat (tidak panas), suhu sekitar 37°C atau 38°C. Uji suhu dengan termometer atau pergelangan tangan atau siku Moms sebelum  memasukkan bayi ke dalam bak mandi. Bila hangat terasa nyaman bagi Moms, maka nyaman pula bagi si Kecil. 
  • Alirkan sebentar air dingin melalui keran atau tambahkan air dingin dengan gayung. 
  • Lalu, turunkan si Kecil dengan lembut ke dalam bak mandi.
  • Jika memandikan si Kecil di bak mandi besar, Moms lakukan dengan posisi berlutut. Atau Moms juga dapat duduk di  atas bangku rendah. Gunanya agar punggung Moms tidak sakit.
  • Gunakan waslap lembut untuk membersihkan wajah bayi, leher dan tubuhnya dengan lembut. Terakhir, baru Moms membersihkan alat kelamin dan pantat si Kecil.
  • Keramas bisa dijadikan sebagai langkah terakhir. Dan, Moms  cukup melakukan ini hanya sekali atau dua kali seminggu. 
  • Angkat si Kecil dengan lembut dari bak mandi dan bungkus dengan handuk kering yang lembut agar tetap hangat.

Bayi Moms mungkin akan mencoba menarik diri atau berdiri di bak mandi. Jadi berhati-hatilah terhadap kemungkinan gerakan mendadak ini. Pastikan Moms  memegangnya agar si Kecil tidak tergelincir. 

Usahakan pula Moms untuk meminimalkan penggunaan sabun, sampo, dan mandi busa, karena justru dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam bagi si Kecil. Pembersih non-sabun ringan adalah alternatif yang baik ya, Moms.