Ketika melihat anak yang sedang batuk orang tua terkadang akan kebingungan haruskah diberikan obat atau tidak, terutama untuk bayi karena tidak akan seperti orang dewasa yang mudah untuk mengambil keputusan dalam minum obat. Orang tua tidak dianjurkan memberikan obat kepada bayi karena akan ada efek sampingnya, lalu inilah cara mengobati batuk pada bayi

Manfaatkan Minyak Esensial

Minyak yang satu ini sudah selayaknya minyak eucalyptus, dipercaya kebanyakan orang untuk membantu mengatasi nyeri otot dan batuk pada saat diaplikasikan ke kulit maupun menyebar ke udara. Selain itu bisa memijitkannya di dada, kaki, punggung atau telapak tangan bayi. Namun, sesaat sebelum memakai minyak esensial lebih baik untuk konsultasikan pada dokter karena tidak semua minyak aman bagi bayi. 

Berikan Lebih Banyak ASI

Cara mengobati batuk pada bayi yang paling sederhana adalah memberikan ASI jauh lebih banyak dibandingkan biasanya. Bayi di bawah 6 bulan biasanya masih harus diberikan ASI secara eksklusif, karena ASI memiliki kandungan zat untuk kekebalan tubuh yang dapat memberikan perlindungan ekstra karena infeksi yang bisa membuat mengakibatkan batuk. 

ASI juga bisa membantu melegakan tenggorokan sehingga bisa meredakan batuk pada bayi, dan menenangkan bayi yang rewel. Jadi ketika bayi ibu batuk pastikan memberikannya lebih banyak ASI supaya nantinya cepat pulih. 

Berikan Cairan Madu

Batuk pada bayi yang berusia di atas satu tahun dapat diberikan cairan madu untuk bisa mengatasi batuk yang sedang dialami. Madu menjadi salah satu pemanis yang alami dan bisa membantu dalam meredakan batuk beserta sakit pada tenggorokan. Bukan hanya itu saja, madu juga mempunyai sifat antibakteri yang akan membantu melawan infeksi. 

Jika batuk pada bayi berikan satu sendok atau bisa juga dicampur pada air hangat agar dapat menenangkan batu tersebut. Jangan berikan madu jika bayi masih berusia di bawah satu tahun karena mempunyai risiko mengalami botulisme. 

Berikan Beberapa Tetes Cairan Saline

Cairan saline ini bisa mengatasi batuk pada bayi dengan cara di teteskan pada hidung yang mana ini terbuat dari cairan larutan garam yang sudah disterilkan dan ada di apotek. Cairan ini dapat membantu mengeluarkan lendir yang ada di tenggorokan maupun hidung bayi, jika ingin mengatasi batuk hanya harus meneteskan saline 2-3 tetes pada rongga hidung memakai pipet. 

Pakai Humidifier 

Menggunakan alat pelembab udara atau yang biasa disebut dengan humidifier menjadi salah satu cara mengobati batuk pada bayi. Menambah kelembaban udara bisa untuk membantu saluran pernapasan anak terjaga dan tidak kering, mengendurkan lendir sehingga bisa untuk meredakan batuk dan juga hidung tersumbat. Bisa juga mandikan bayi memakai air yang hangat, hal ini berguna untuk supaya uap dari air hangat bisa terhirup dan membantu mengencangkan dahak dan membantunya bernafas dengan nyaman. 

^ER