Menjadi orangtua merupakan langkah baru setiap pasangan yang baru saja dikaruniai buah hati. Orangtua baru ini memiliki banyak sekali tantangan dan hal baru yang harus dipelajari. 

Merawat newborn atau bayi baru lahir tidak selalu mudah dan mulus sesuai dengan teori yang mungkin sudah dipelajari sebelumnya. Akan sangat banyak hal yang bisa membuat orangtua baru  kebingungan dalam mengurus buah hatinya di awal kelahiran, seperti dalam hal perawatan sehari-hari hingga perawatan kesehatan si Kecil. Tidak jarang juga para orangtua melakukan beberapa kesalahan dalam merawat buah hatinya. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orangtua baru: 

Over protective 

Banyak dari Moms mungkin akan sedikit berlebihan dalam merawat si Kecil di awal kelahirannya. Sikap sikap berlebihan ini ditunjukkan dengan kebiasaan Moms yang tidak memberikan kepercayaan kepada orang lain dalam merawat si Kecil. Terkadang, Moms juga sering lupa melibatkan Dads dalam pengasuhan dan tanggung jawab terhadap si Kecil, sehingga Dads mungkin tidak akan memiliki keterampilan mengasuh si Kecil seperti yang Moms lakukan. 

Solusinya adalah bersikaplah terbuka dan mencoba untuk berbagi tanggung jawab dalam mengasuh si Kecil. Mulailah dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti mengganti popok dan memandikan si Kecil. 

Terlalu kaku dengan teori 

Di zaman modern ini sangat banyak akses informasi yang bisa didapatkan dengan mudah. Para Moms mungkin sudah mempersiapkan jauh-jauh hari mengenai teknik merawat bayi serta beberapa teori tentang bayi dan cara perawatannya. Tetapi ketika Moms berhadapan langsung dengan si Kecil, maka tidak semua teori akan cocok dengan situasi dan kondisi Moms dan si Kecil. Terlalu kaku dengan teori akan membuat Moms kesusahan dan tidak menikmati dalam merawat si Kecil.
Solusinya adalah cobalah untuk bersikap fleksibel dengan keadaan yang ada. Sesuaikan teori dengan situasi dan kondisi yang Moms hadapi saat ini. Hal ini akan membuat Moms lebih relaks dan terhindar dari stres. 

Lupa merawat diri 

Semenjak menjadi ibu, maka anak adalah prioritas utama. Ungkapan itu tidak sepenuhnya salah, tetapi di sisi lain, Moms harus mempertimbangkan kebutuhan Moms sendiri. Merawat anak sehingga lupa mandi, makan hingga buang air, akan membuat Moms memiliki masalah kesehatan ke depannya. 

Solusinya cobalah untuk membuat time manajemen yang baik dalam merawat si Kecil. Selalu sempatkan waktu untuk melakukan hal-hal penting penting, salah satunya merawat diri. 

Membanding-bandingkan 

Menjadi orangtua baru terkadang membuat jiwa jiwa kompetitif muncul ketika sesama orangtua baru berkumpul dalam satu forum. Akan timbul percakapan percakapan seperti saling membanggakan anak hingga cenderung membandingkan anak satu dengan yang lainnya. Perlu Moms ketahui, tumbuh kembang pada  setiap anak berbeda-beda dan tidak seharusnya semua sama. Kebiasaan membandingkan anak sebaiknya dihindari sebab akan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga stres,  jika si Kecil tidak sehebat bayi lainnya. 

Solusinya adalah Moms banyak membaca mengenai milestone bayi dan cukup berkonsultasi pada dokter jika perkembangan bayi Moms tidak sesuai dengan acuan yang terdapat di milestone tersebut.